PDAM Maros

KPU Maros Sosialisasi Tahapan Pilgub Sulsel 2018

MAROS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maros menggelar sosialisasi tahapan program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan tahun 2018 mendatang di Aula KPU Maros, Jumat (20/10/2017).

Komisioner KPU Maros Saharuddin Datu. (Ist.)

Komisioner KPU Maros Saharuddin Datu mengatakan, sesuai Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 yang disahkan pada 8 Juni 2017 lalu, KPU kabupaten dan kota yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) akan mengawali kegiatannya dengan menyusun perencanaan program dan anggaran.

“Kita mulai 27 September mendatang. Mulanya perencanaan dan penandatanganan perjanjian hibah serta pengesahan peraturan penyelenggaraan pemilihan,” ujarnya.

Disampaikannya, pada PKPU itu, semua tahapan Pilgub Sulsel sudah diatur lengkap dengan jadwalnya, termasuk sengketa Perselisihan Hasil Pemilu. Untuk pendaftaran pasangan calon diagendakan pada 8 hingga 10 Januari 2018.

“Setelah pendaftaran, akan ada proses seleksi selama satu bulan, sebelum penetapan pasangan calon yang dijadwalkan 12 Februari. Untuk masa kampanye, dijadwalkan 15 Februari sampai 23 Juni 2018. Jadi agak panjang,” terangnya.

Pengadaan dan distribusi surat suara, akan dilaksanakan 17 Maret sampai 26 Juni 2018. Sementara pemungutan dan penghitungan akan dilaksanakan dari 27 Juni sampai 3 Juli 2018.

“Pada 9 Juli 2018, hasilnya sudah ditetapkan setelah melalui tahapan rekapitulasi di KPU Provinsi Sulsel,” jelasnya.

Ditambahkannya, saat ini KPU Maros sudah melaksanakan tahapan sosialisasi kepada masyarakat. Rencananya, akan digelar jalan santai sebagai bentuk sosialisasi untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya pada Pilgub Sulsel yang akan digelar pada Rabu 27 Juni 2018 mendatang.

Jalan santai sadar pemilu tersebut akan dilaksanakan pada Ahad 29 Oktober mendatang dengan pusat kegiatan di Lapangan Palantikang Maros. (*)

Leave a Reply