oleh

Ribuan Telur Maulid Diarak Perahu di Rammang Rammang Maros

-BERITA, RAGAM-37 views

MAROS – Ribuan butir telur hias diarak di atas perahu di kawaan wisata alam Rammang Rammang Maros. Telur-telur itu menggunakan 50 unit perahu bersama ratusan paket makanan yang diarak di sepanjang Sungai Pute.

Tradisi Maulid di Rammang Rammang Maros. (detikcom)

Itu merupakan pemandangan khas perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar warga sekitar Rammang Rammang di Desa Salenrang Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros, Sabtu (9/12/2017).

Tradisi Maulid Nabi yang digelar ini sedikit berbeda dari kebanyakan tradisi Maulid yang dilaksanakan masyarakat pada umumnya. Di sini hiasan makanan tidak dibawa ke masjid, melainkan diarak di sepanjang sungai yang selama ini menjadi daya tarik wisatawan di lokasi itu.

Kepala Desa Salenrang, Muh Nasir mengatakan, tradisi Maulid Nabi ini menjadi salah satu keunikan warga yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan. Sementara tradisi Maulid di beberapa daerah sudah moderen, di tempatnya masih sangat tradisional.

“Kami di sini masih menggunakan bahan-bahan dulu. Seperti bakul Maulid yang terbuat dari daun-daun nipa,” katanya.

Tradisi yang tiap tahun digelar ini memang tidak dipromosikan sebagai satu agenda wisata. Dia berharap tradisi ini akan dikemas menjadi salah satu agenda wisata religi yang bisa menyedot wisatawan lebih banyak ke kawasan karts Rammang Rammang Maros ini.

Sedangkan seorang warga, Muh Ikhwan mengatakan, selain wujud kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, peringatan Maulid yang dilaksanakan di Sungai Pute sebagai rasa syukur warga atas nikmat sungai yang selama ini menjadi mata pencarian mereka.

“Sungai ini tempat kami mengais rezeki melalui wisatawan yang berkunjung ke sini,” ungkapnya.

Bukan hanya warga, semua pengunjung yang datang ke objek wisata yang baru saja dinobatkan menjadi wilayah Taman Nasional Geopark ini juga bisa menikmati telur itu secara gratis. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru