Bursa Inovasi Desa di Maros Berlangsung Meriah

MAROS – Pemkab Maros menggelar Bursa Inovasi Desa di Gedung Serba Guna Pemkab Maros, Kamis (28/12/2017).

Para kepala desa di Maros saat pembukaan bursa inovasi desa. (ist.)

Dalam kegiatan ini para kepala desa menampilkan potensi yang ada di desanya, berdiskusi dan bertukar informasi. Juga menampilkan beragam program dan produk unggulan desanya masing-masing. Ditampilkan pula produk pertanian dan holtikultura, kerajinan, makanan olahan khas.

Pembukaan acara tersebut ditandai dengan pemukulan kentongan besar oleh Bupati Maros HM Hatta Rahman didampingi Ketua DPRD Maros H.A.S Chaidir Syam dan pejabat dari Dinas Pemeritahan dan Desa Sulsel. Juga dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Maros Eko Suwarni, sejumlah kepala dinas lingkup Pemkab Maros.

HM Hatta Rahman berharap agar desa tidak takut untuk berinovasi. Dengan adanya inovasi di desa, akan melahirkan desa yang mandiri.

“Kita berharap setelah kegiatan ini, kepala desa bisa memanfaatkan dan memaksimalkan potensi desanya masing-masing,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas PMD Maros Mustafah mengemukakan bahwa Bursa Inovasi Desa menjadi bagian dari Program Inovasi Desa yang diinisiasi oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

“Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan kepala desa dan aparat desa serta dapat meningkatkan kualitas dan manfaat pelaksanaan pembangunan di desa agar lebih efektif dan inovatif,” jelasnya.

Ditambahkan oleh Kabid Pemberdayaan Pemerintahan dan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Maros, Abd Aris, Program Inovasi Desa dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa melalui peningkatan produktivitas.

“Peningkatan itu bertumpu pada pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, peningkatan kualitas SDM, serta pemenuhan dan peningkatan infrastruktur, khususnya yang secara langsung berpengaruh terhadap perkembangan perekonomian di desa,” tambahnya. (*)

Leave a Reply