Para Kades di Maros Tampilkan Program dan Potensi Desanya

MAROS – Pemkab Maros menggelar Bursa Inovasi Desa. Dalam kegiatan ini masing-masing desa menampilkan beragam program dan produk unggulan di Gedung Serba Guna Pemkab Maros, Kamis.

Bupati Maros HM Hatta Rahman mengamati produk desa. (Ist.)

Di antaranya, jamur, kripik ubi, madu, kue, abon ikan dan sejumlah produk olahan lainnya, Kamis (28/12/2017).

Menurut Tenaga Ahli Progran Pemberdayaan Masyarakat Desa Maros, Andi Mappisona mengemukakan, pada prinsipnya dalam bursa inovasi desa ini, yang dibursakan adalah ide, pertukaran ilmu pengetahuan dari desa yang selama ini belum terekspose dengan baik.

“Para kepala desa menampilkan potensi yang ada di desanya, saling saling berdiskusi tentang pemanfaatan dana desa agar tepat sasaran. Sehingga berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa,” jelasnya.

Kegiatan ini juga dikawal oleh para pendamping desa, dengan jumlah 58 tenaga pendapming desa se Maros. Pembangunan desa tidak hanya infrastruktur dan fisik, tetapi SDM dan pemberdayaan masyarkat.

Sedangkan Kepala Desa Moncongloe Bulu, Kaharuddin menilai kegiatan ini membuka wawasan untuk mengelola desa dengan terobosan baru, membuka pola pikir para kepala desa.

“Hal-hal kecil yang kurang diperhatikan dalam mengelola desa dikembangkan menjadi potensi yang untuk masyarakat. Misalnya ubi kayu dikelola dengan baik agar memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi, menjadi produk olahan,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini para kepala desa menampilkan potensi yang ada di desanya, berdiskusi dan bertukar informasi. Juga menampilkan beragam program dan produk unggulan desanya masing-masing. Ditampilkan pula produk pertanian dan holtikultura, kerajinan, makanan olahan khas.

Acara dibuka oleh Bupati Maros HM Hatta Rahman didampingi Ketua DPRD Maros H.A.S Chaidir Syam. Juga dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Maros Eko Suwarni, sejumlah kepala dinas lingkup Pemkab Maros. (*)

Leave a Reply