PDAM Maros

Anggota DPRD Maros Ini Serahkan Alsintan Bantuan Menteri Pertanian

MAROS – Gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Desa Tanete Kecamatan Simbang Kabupaten Maros menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan), Kamis (4/1/2018).

Penyerahan bantuan alsintan dari Menteri Pertanian. (Ist.)

Bantuan sebanyak tujuh unit alsintan itu diserahkan Anggota DPRD Maros, Suhartina Bohari bersama Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Maros, M Nurdin kepada sejumlah kelompok tani.

Suhartina Bohari berharap apa yang menjadi bantuan hari ini bisa menjadi awal yang baik bagi para kelompok tani di Desa Tanete Kecamatan Simbang.

“Semoga hari ini menjadi awal yang baik bagi kelompok tani. Apalagi ini tindak lanjut dari kunjungan Menteri Pertanian, pak Andi Amran Sulaiman dari kunjungan kerjanya beberapa bulan yang lalu,” jelasnya.

Dia mengatakan dengan dilakukannya penyerahan bantuan alat pertanian ke beberapa kelompok tani diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik. Dengan adanya alsintan ini, maka produksi padi bisa terus meningkat guna mendukung swasembada pangan.

Sementara Muh Nurdin mengatakan, ada tujuh unit bantuan alsintan yang diserahkan kepada Gapoktan di Desa Tanete yang menjadi lokasi kunjungan Menteri Pertanian beberapa waktu lalu.

Bantuan alsintan di Desa Tanete ini merupakan pertama kali dilakukan. Olehnya itu alsintan ini bisa dikelola dengan baik oleh gapoktan dan jangan sampai dimiliki secara perorangan. Sistem pengelolaan alsintan ini menggunakan sistem brigade. Semua pembiayaan itu menjadi tanggung jawab kelompok.

“Ketika ada hasil dari alsintan itu dikelola sendiri oleh kelompok tani. Makanya harus dibukukan dengan baik. Jadi kalau ada yang menyewa hasilnya harus disimpan dengan baik,” jelasnya.

Tujuh unit alsintan yang diberikan itu, yakni tiga unit traktor yang masing-masing satu unit traktor roda empat dan ada dua unit traktor roda dua. Juga tiga unit mesin panen combine dan satu unit mesin alat tanam. (*)

Leave a Reply