Bupati Maros Serahkan Alsintan ke Kelompok Tani

MAROS – Bupati Maros HM Hatta Rahman menyerahkan alat mesin pertanian (Alsintan) ke kelompok tani Desa Tanete Kecamatan Simbang. Penyerahan dilakukan di Lapangan Pallantikang Maros, Senin (22/1/2018).

Alsintan yang diserahkan ke kelompok tani. (Ist.)

Alsintan ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian tahun 2017. Selain itu, juga diserahkan mobil operasional Alsintan yang berasal dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Maros.

Alsintan yang diserahkan berupa excavator traktor roda empat yang diserahkan ke Gapoktan Sinar Tanete Simbang, rice transplanter atau mesin tanam bibit padi kepada Kelompok Tani Rumbia II serta combine harvester atau mesin pemanen kepada Kelompok Tani Rumbia III.

Hatta Rahman mengatakan, dengan adanya bantuan ini diharapkan semakin memudahkan petani baik saat menanam maupun saat panen karena telah menggunakan mesin bukan lagi tenaga manusia.

“Tentu ini dapat semakin memudahkan petani karena menanam lebih mudah, tidak perlu lagi membungkuk sepanjang hari karena menanam padi, kemudian juga memanen tentu ini sangat cepat karena sudah pakai mesin,” ujarnya.

Meski telah mendapat bantuan, masih ada kecamatan yang belum mendapat bantuan Alsintan yakni Kecamatan Mallawa dan Camba. Dirinya berharap tahun 2018 ini petani Maros kembali mendapat bantuan sehingga merata. (*)

Leave a Reply