oleh

Kerangka Manusia Berusia 4.000 Tahun Ditemukan di Maros

MAROS – Tim Arkoelogi dan Prasejarah Balai Arkeologi Makassar temukan kerangka manusia prasejarah di gua Leang Jarie di Desa Samanggi Kecamatan Simbang Kabupaten Maros.

Kerangka manusia purbakala yang di Leang Jarie Maros. (Ist)

Ketua tim, Budianto, menyampaikan, timnya saat ini telah melakukan eskavasi dan penelitian sejak satu bulan untuk menemukan bukti kehidupan yang berusia ribuan hingga puluhan ribu tahun.

“Kerangka ini ditemukan lewat sebuah eskavasi arkeologi pada 3 Mei 2018 lalu,” ujarnya, melalui Maros FM, Kamis (31/5/2018).

Dia menambahkan, walaupun masih sebatas spekulasi, berdasarkan pengamatan, diperkirakan kerangka manusia ini sudah berusia sekitar 4.000 tahun.

Sampai saat ini, timnya masih menunggu rekomendasi tim ahli untuk kelanjutan temuan kerangka ini, apakah tetap dibiarkan di lokasi atau akan diangkat dan dipindahkan ke tempat lain.

Sementara itu, Ketua Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulsel, Laode M Aksa menjelaskan, saat ini pihaknya sedang menunggu tim ahli dalam penanganan kerangka manusia ini lebih lanjut.

Menurutnya, dari sekian banyak penemuan arkeologi di Maros, penemuan inilah yang paling spektakuler. Karena baru kali ini ditemukan rangka manusia purba dan nyaris utuh. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terbaru