oleh

Cara BUMDes Beringin Borikamase Maros Kembangkan Usaha

MAROS – Badan usaha Milik Desa (BUMDes) Beringin Desa Borikamase Kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros menjadi finalis dalam lomba BUMDes tingkat Provinsi Sulsel.

BUMDes Beringin Borikamase Maros dalam kegiatan Bursa Inovasi Desa beberapa waktu lalu. (Ist.)

Kepala Desa Borikamase Maros, Aswing mengharapkan BUMDes tersebut menjadi motor penggerak perekonomian masyarakat Desa Borikamase dan menjadi contoh untuk BUMDes lainnya.

“Pengelolaan Bumdes menjadi kontribusi pemikiran yang serius untuk memikirkan potensi unit usaha dan mencari solusi atas kendala masyarakat dalam modal usaha,” ungkapnya, Minggu (29/7/2018).

Sedangkan Direktur BUMDes Beringin Borikamase Maros, Evi Purnamasari menyampaikan, BUMDes ini berdiri pada 17 September 2016 lalu, memperoleh dana penguatan dan penyertaan modal awal dari pemerintah desa yang dialokasikan dari Dana Desa sebesar Rp 50 juta untuk beberapa unit usaha yang dikelolah oleh 29 anggota.

Dari modal awal tersebut, diperoleh pendapatan sebesar Rp 75 juta. Tahun 2017 memperoleh kembali penyertaan modal dari desa Rp 150 juta lebih untuk lima unit usaha, yakni, usaha pupuk, pemancingan ikan, ternak itik, penggemukan sapi dan usaha jasa fotografi.

“Dari lima unit usaha yang dikelolah itu, terdapat dua unit usaha yang mengalami peningkatan kebutuhan modal, yakni usaha ternak itik dan penggemukan sapi. Dua unit ini kami alokasikan penyertaan modalnya dari penyertaan modal tahap kedua sebesar Rp 110 juta lebih. Setelah kami melihat banyaknya masyarakat desa berminat ingin berwirausaha ternak,” jelasnya.

Pihaknya berharap adanya BUMDes di desa-desa yang dikelolah baik oleh pemerintah desa, mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah maupun pusat, terutama peningkatan anggaran untuk pembangunan di desa.

Penilaian lomba BUMDes Sulsel ini telah dilakukan pada Selasa 24 Juli lalu. Acara penerimaan tim penilai tersebut dihadiri Sekda Maros, Baharudddin mewakili Pemerintah Kabupaten Maros dan Anggota DPRD Sulsel asal Maros, A Muh Irfan AB. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terbaru