oleh

Peserta Gerak Jalan Indah di Maros Banyak Kelelahan

-BERITA-3 views

MAROS – Puluhan peserta gerak jalan indah yang digelar oleh Pemkab Maros menyambut Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia, jatuh pingsan.

Peserta lomba gerak jalan indah yang kelelahan. (Ist.)

Bahkan, beberapa di antaranya harus dilarikan ke rumah sakit karena kelelahan. Selain karena panjangnya barisan, mereka juga harus menahan terik matahari mulai dari jam 08.00 sampai jam 14.30 Wita.

Peserta gerak jalan indah ini, merupakan perwakilan dari  51 SD dan 50 SMP se Kabupaten Maros. Jumlahnya bahkan mencapai lima ribu orang peserta. Mereka bergerak mulai dari kompleks terminal dan berputar menuju garis finish di Lapangan Pallantikang Maros.

Seorang petugas medis, Fitri Adi Cahya mengatakan, ada 20 orang peserta yang jatuh pingsan dan 9 orang lainnya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Salewangan Maros. Mereka rata-rata mengalami kelelahan dan dehidrasi setelah berjalan di bawah terik matahari yang panas menyengat rute perjalanan mereka.

“Tercatat di kami ada sekitar 20 orang yang kami rawat dan 9 orang diantaranya terpaksa dibawa ke rumah sakit, karena masih tidak sadarkan diri setelah kami berikan penanganan awal. Mereka rata-rata kecapean karena panas matahari,” katanya, Senin (6/8/2018).

Meski rute yang mereka tempuh hanya sekitar 800 meter, mulai dari garis star sampai finish, para peserta banyak yang kecapean karena panjangnya barisan yang menunggu antrean masuk ke garis finish. Bahkan, beberapa peserta terpaksa duduk di jalan beton yang juga panas karena tidak ingin meninggalkan barisan mereka. Meski begitu, mereka mengaku senang bisa ikut lomba.

Seorang peserta, Ardiansyah mengaku merasa capek karena terlalu panjangnya barisan. Mereka pun menuggu lama.

“Saya mulai dari jam 8 pagi sampai jam 1 siang ini belum juga sampai. Tapi senang sekali bisa ikut karena ramai dan bisa bertemu banyak orang di sini. Saya baru pertama kali juga ikut gerak jalan begini,” katanya.

Tak hanya peserta saja yang antusias mengikuti lomba ini, para orang tua siswa yang mengantar anak-anak mereka juga terlihat memadati jalan raya untuk menyaksikan anak-anak mereka tampil. Meski harus ikut berpanas-panasan dan berjalan kaki, mereka juga mengaku sangat senang melihat peserta dengan berbagai macam gerakan barisan yang unik dan tak jarang membuat gelak tawa warga yang menonton.

Kegiatan lomba gerak jalan indah yang digelar ini, memang menjadi ajang tahunan yang dilaksanakan oleh Pemkab Maros untuk turut memeriahkan HUT RI. Sebelum gerak jalan indah, ratusan murid TK juga mengikuti pawai  kemerdekaan dengan beraneka kostum, dari pakaian adat sampai seragam militer dan polisi.

Lomba lomba gerak jalan indah ini juga diikuti oleh pelajar SMA dan ASN se Kabupaten Maros pada Selasa besok. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terbaru