oleh

BPBD Maros dan Basarnas Makassar Latihan Gabungan

MAROS – Badan SAR Nasional (Basarnas) Makassar bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maros menggelar latihan gabungan di Baruga B Kantor Bupati Maros, Rabu (29/8/2018).

Materi kelas latihan gabungan siaga bencana. (Ist.)

Dalam pelatihan ini turut berpartisipasi pihak TNI, Polri, Tagana, Kesbangpol, Dinas Kesehatan dan PMI Maros, serta potensi SAR dari kampus Unhas dan UMI Makassar.

Dalam pelatihan ini, para peserta diberi materi dasar, yakni Medical First Responder (MFR) dan teknik pertolongan di perairan, juga materi praktik di lapangan.

Kepala BPBD Maros, Rahmat Bustar menjelaskan, kegiatan lapangan akan berlangsung 2 hari, 30-31 Agustus. Hari pertama pemberian materi di Tanjung Merdeka Makassar dan hari kedua akan diadakan simulasi bencana.

“Peserta pelatihan gabungan di wilayah yang rawan bencana ini dilakukan agar para petugas dan relawan siaga bencana makin memperbaiki kualitasnya. Basarnas memberikan ilmu tangkas dan tepat memberikan pertolongan dan menggali potensi individu,” ungkapnya.

Ditambahkannya, latihan bersama penyelamatan akan dipantau langsung para senior Basarnas Makassar untuk menakar kemampuan sukarelawan kemudian mengevaluasi kekurangannya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terbaru