oleh

Perlu Diketahui Warga Maros: Pendaftaran CPNS 2018 Terintegrasi Secara Nasional

-BERITA, RAGAM-194 views

MAROS – Badan Kepegawaian Negara (BKN) resmi mengumumkan pembukaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 yang akan memulai masa pendaftaran pada 19 September 2018.

Total formasi yang diperebutkan sebanyak 238.015 formasi. Rinciannya, 51.271 formasi untuk 76 kementerian dan lembaga di pemerintah pusat dan 186.744 untuk 525 instansi daerah.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana menyampaikan, sistem pendaftaran dan seleksi CPNS 2018 akan dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional di laman web http://sscn.bkn.go.id dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh instansi.

Proses seleksi akan menggunakan sistem Computer Asissted Test (CAT), baik untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Laman sscn.bkn.go.id akan difungsikan setelah kementerian, lembaga dan daerah memasukkan formasi dan persyaratan pelamaran. Proses ini akan makan waktu sampai 18 September 2018,” ujarnya melalui media, beberapa hari lalu.

Dia meminta instansi pemerintah tidak menyusahkan pelamar dan memberikan persyaratan yang wajar.

“Persyaratan seperti akreditasi dan Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK harus disesuaikan dengan indeks prestasi di wilayah masing-masing,” tambahnya.

Dia memprediksi jumlah peserta seleksi akan mencapai 5-6 juta orang. Total pelamarnya akan melampaui total peserta. Berdasarkan review seleksi CPNS 2017, kesulitan update data Nomor Indentitas Kependudukan (NIK) menjadi kendala terbanyak pelamar.

Mengenai kendala ini, pihaknya berharap sistem dari Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) juga siap.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB), Syafruddin mengemukakan, dalam rekrutmen ini, pihaknya menggunakan prinsip zero minus growth, kecuali untuk formasi guru karena sangat dibutuhkan. Dosen, kemudian tenaga kesehatan.

Zero minus growth maksudnya mengangkat CPNS kurang dari jumlah yang pensiun. Pemerintah akan mencari CPNS yang berkualitas. Supaya satu kesepahaman, saya perlu ulang bahwa rekrutmen ini berorientasi SDM yang berkualitas,” jelasnya, dilansir dari media. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

Berita terbaru