oleh

Hanya 37 Peserta CAT CPNS Maros Capai Passing Grade

-BERITA, RAGAM-688 views

Dari 2.203 orang peserta CAT CPNS Kabupaten Maros yang mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), hanya 37 orang yang berhasil mencapai nilai passing grade yang ditentukan panitia.

Pengumuman CAT CPNS Maros.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Maros, Agustam menjelaskan, bagi yang lolos passing grade atau nilai ambang batas telah diumumkan hari ini, Senin (5/11/2018).

Dia mengatakan, 37 peserta tersebut hanya memenuhi nilai passing grade hasil tes SDK yang dilakukan berbasis Computer Assistet Test (CAT), tentang kelulusan dalam seleksi CPNS, bukan kewenangan panitia lokal.

“Kita tidak bisa mengatakan yang bersangkutan itu lulus atau tidak. Karena yang berhak menetapkan kelulusan adalah Panitia Seleksi Nasional atau Panselnas,” ujarnya.

Dalam CAT, passing grade untuk umum, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 75, Tes Intelegensia Umum (TIU) 80 dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 143. Meski sebetulnya yang bersangkutan sudah mengetahui nilai mereka masing-masing setelah tes.

Dia mencontohkan, jika ada formasi tenaga guru Bahasa Inggris yang dibutuhkan hanya satu dan yang memenuhi passing grade hanya satu. Maka bisa dipastikan dia yang lulus. Meski harus tetap akan mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Berbeda halnya ketika satu formasi, namun yang lolos passing grade dua orang atau lebih, maka yang menentukan lulus atau tidak adalah Panselnas.

“Jadi seperti saat, ini ada beberapa peserta memenuhi passing grade. Tetapi formasi yang dibutuhkan hanya satu dan yang menentukan adalah Panselnas,” paparnya.

Sekedar diketahui, pelamar CPNS Kabupaten Maros berjumlah 2.243 orang yang dinyatakan lolos administrasi, tapi hanya 2.203 orang yang hadir dalam tes SKD yang digelar Sabtu 3 November lalu. Berarti ada 40 orang peserta SKD yang tidak hadir.

Untuk diketahui, 190 formasi CPNS 2018 Kabupaten Maros terdiri dari tenaga pendidikan atau guru dan tenaga kesehatan. Formasi tersebut terbagi atas kategori umum dan kategori khusus yang merupakan eks tenaga honorer kategori (K2). (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terbaru