oleh

OBC: Revitalisasi Perpustakaan Langkah Cerdas Pemkab Maros

Komunitas literasi, Oemar Bakri Community (OBC) Maros menyampaikan apresiasi atas program revitalisasi pengembangan perpustakaan umum melalui transformasi pelayanan berbasis inklusi sosial sebagai langkah percepatan gerakan literasi yang dilakukan Pemkab Maros.

OBC Maros dukung pelatihan komputer dan internet Perpusarda Maros.

Program yang dijalankan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Perpusarda) tersebut dilakukan dengan optimalisasi pelibatan masyarakat melalui kegiatan pelatihan komputer dan internet.

Ketua Oemar Bakri Community (OBC) Maros, Badaruddin mengemukakan, bahwa revitalisasi perpustakaan daerah Kabupaten Maros merupakan langkah cerdas Pemkab Maros untuk percepatan gerakan literasi.

“Apalagi mengingat peran perpustakaan sebagai jantung peradaban merupakan wadah yang paling sosial, karena menampung segala jengjang usia dari latar belakang individu yang beragam,” ujarnya, Rabu (7/11/2018).

OBC Maros sebagai penerima dampak baik dari revitalisasi perpustakaan daerah berbasis inklusi sosial ini tentu menyampaikan apresiasi. Terlebih hal ini terkait dengan upaya peningkatan kompetensi teknologi informasi.

“Kemampuan menggunakan komputer saat ini menjadi hal penting. Komputer sebagai perangkat teknologi informasi menjadi bagian dari gerakan literasi,” jelasnya.

Ditambahkannya, beberapa upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Maros terhadap pengembangan perpustakaan daerah, diantaranya, pembangunan gedung perpustakaan berstandar nasional, fasilitas yang memadai dan pelayanan yang ramah. Di perpustakaan, ada 20 unit komputer yang dilengkapi jaringan internet gratis.

“Ribuan judul buku yang telah terklasifikasi sesuai jenjang usia dan disiplin ilmu, menggunakan aula mini sebagai ruang pertemuan yang nyaman dan penambahan waktu kunjungan sampai pukul 17.30 WITA,” ungkapnya.

Pelatihan komputer dan internet tahap pertama ini dilakukan dengan sasaran pemuda penggiat literasi, yakni Oemar Bakri Community, Biseang Pustaka Rammang Rammang, Onthel Pustaka dan Vespa Pustaka. Diikuti peserta 30 orang, pelatihan ini dilaksanakan selama tiga, yaitu 5-7 November ini di aula gedung perpustakaan daerah Kabupaten Maros. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita terbaru