oleh

Ini Alasan Bassang Dikukuhkan Sebagai Kuliner Khas Maros

Bassang merupakan kuliner khas di Sulawesi Selatan. Hampir di setiap daerah dapat kita jumpai makanan berbahan dasar jagung tersebut.

Pedagang Bassang dari Maros.

Namun belum banyak masyarakat yang mengetahui, jika ternyata makanan populer ini berasal dari Maros.

Tak salah jika Bassang dikukuhkan sebagai kuliner khas Maros. Pengukuhan ini dilakukan oleh Bupati Maros, HM Hatta Rahman di Lapangan Pallantikang, usai upacara peringatan Hari Pahwalan, Senin (12/11/2018).

Pengukuhan ini dilakukan berdasarkan riset yang dilakukan oleh Tim Bidang Industri Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Maros. Hasil riset menunjukkan bahwa Bassang merupakan kuliner asli Maros, tepatnya berasal dari Bantimurung.

Kepala Dinas PM-PTSP Maros, Andi Rosman mengatakan, mayoritas penjual Bassang yang ada di Makassar pun berasal dari Maros. Pihaknya sudah berkeliling, didapatkan data bahwa rata-rata penjual Bassang yang berjualan di Makassar berasal dari Maros atau orang Maros dan kuliner ini berasal dari Bantimurung Maros.

Dinas PM-PTSP Maros pun membina puluhan Usaha Kecil Menengah (UKM) penjual Bassang di Desa Mattoanging Bantimurung, agar mereka dapat meningkatkan kualitas jualannya.

“Saat ini Bassang yang beredar bukan hanya Bassang dengan campuran gula pasir, saja tapi kita kembangkan dengan menambah atau mengganti gula pasir dengan gula merah, dengan toping keju bahkan dengan varian rasa durian ataupun pandan. Jadi dengan pendampingan ini, rasa Bassang menjadi lebih variatif lagi,” paparnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru