oleh

Ratusan Gambar Caleg dan Capres Diturunkan Paksa di Maros

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Maros bersama petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Maros melakukan penertiban sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang di pohon dan tiang listrik, Rabu (14/11/2018).

Penertiban APK Pemilu 2019 di jalan protokol Maros.

Ketua Bawaslu Maros, Sufirman mengatakan, penertiban dilakukan lantaran pemasangan sejumlah APK Capres dan Caleg melanggar aturan yang disepakati.

KPU telah melarang peserta Pemilu 2019 memasang atribut di jalur utama terutama di pohon dan tiang listrik, karena merusak keindahan kota dan tidak ramah lingkungan. Penertiban atribut kampanye dilakukan di sepanjang jalan poros Maros-Makassar dan Maros-Pangkep.

“Selain APK di sepanjang jalan protokol yang terpaku di pohon dan terpasang di tiang listrik, kita juga akan turunkan billboard besar di tengah kota, karena hal itu menyalahi aturan. Khusus untuk APK billboard, ukurannya tidak boleh melebihi 4×6 meter dan jumlahnya dibatasi,” jelasnya.

Meski sudah masuk masa pemasangan APK untuk pesta demokrasi Pemilu 2019, pemasangan APK tentu harus dilakukan di titik yang telah ditentukan oleh KPU.

“APK ada yang difasilitasi oleh KPU, ada yang boleh ditambah tapi itu semua harus dipasang di lokasi yang telah ditentukan oleh KP, tidak boleh dipasang di sembarang tempat. Semua yang kita tertibkan melanggar ketentuan,” jelasnya.

Adapun lokasi pemasangan APK yang telah ditentukan, berada di pedesaan dan tidak berada di jalan protokol seperti yang marak terpasang di Maros ini.  Pihaknya menyarankan, saat pemasangan APK setiap tim dari peserta Pemilu dapat memasang di titik yang telah ditentukan oleh KPU. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru