oleh

Penyuluh Puskesmas Lau Maros Beri Pengetahuan ASI ke Ibu-ibu Muda

-BERITA, SOSIAL-138 views

Penyuluh kesehatan Puskesmas Lau Kabupaten Maros melakukan penyuluhan Air Susu Ibu (ASI), dengan membentuk KP (Kelompok Peduli) ASI di desa dan kelurahan.

KP ASI Soreang Lau Maros mengikuti senam ibu hamil.

Diantara KP ASI yang telah terbentuk, yakni di Kelurahan Soreang. Puluhan ibu hamil dikumpulkan untuk mengikuti pertemuan KP ASI di Poskesdes Kelurahan Soreang, pada Jumat lalu.

Pertemuan ini diawali dengan senam bersama, kemudian pengambilan darah ibu hamil untuk HBSag, dengan instruktur senam, Lukman.

Kemudian dilakukan penyuluhan ASI dari tim Puskesmas Lau, Kurnia dan Muriati. Pertemuan juga dihadiri Seklur Soreang, Ilham Halimsyah, yang mewakili Lurah Soreang, Arham Rizkiawan.

Bidan Kelurahan Soreang, Zahriyanti menyampaikan, pertemuan KP ASI ini bertujuan memberikan pemahaman kepada para ibu hamil tentang pentingnya ASI untuk bayi. Apalagi peserta kegiatan ini, yakni ibu-ibu dengan kehamilan pertama.

“Melalui KP ASI, kita ingin membangun kesadaran warga tentang pentingnya ASI. Para ibu muda ini diminta agar jangan terlalu cepat memberikan susu formula kepada bayi. Apalagi jika usia bayu belum sampai 6 bulan,” ujarnya, Minggu (2/12/2018).

Data Dinas Kesehatan Maros, menyebut hanya 46 persen ibu menyusui di Maros yang memberikan ASI kepada bayinya. Prosentase yang cukup rendah, karena itu melalui KP ASI dilakukan diskusi untuk mengetahui penyebab dan alasan ibu menyusui tidak memberikan ASI kepada bayinya.

Komposisi ASI sudah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi dan gizi bayi sesuai usianya. Karena ASI adalah karunia Allah SWT dan memberi ASI berarti mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT.

Selain penyuluhan, para ibu hamil diimbau untuk menjaga pola makanan dan gizi, sebab mempengaruhi produksi ASI. Kondisi psikologi seperti stres juga berpengaruh pada produksi ASI.

“ASI membuat pertumbuhan bayi menjadi baik dan ASI mengandung zat kekebalan tubuh,” ungkapnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru