oleh

Buruh Bangunan di Maros Ditangkap Setelah 17 Kali Curi Sapi

Unit Jatanras Polres Maros bersama Tim Resmob Polda Sulsel menangkap pelaku pencurian ternak (curnak) yang kerap beroperasi di daerah Kecamatan Mandai dan Moncongloe, juga di Makassar, Rabu (9/1/2019).

Pelaku curnak menjalani perawatan medis.

Pelaku itu, Baharuddin alias Baha’ (37 tahun), warga Manjalling Moncongloe Maros. Buruh bangunan tersebut ditangkap, setelah 17 kali melakukan pencurian hewan di wilayah Maros.

Kasat Reskrim Polres Maros, Iptu Deni Eko menjelaskan, penangkapan pelaku berawal dari tiga laporan pencurian ternak yang dilakukan oleh pelaku. Polisi kemudian melakukan penyelidikan di sekitar tempat kontrakan pelaku di Mandai.

“Saat dilakukan penyelidikan, pelaku yang masuk daftar pencarian orang atau DPO diketahui sementara berada di rumah kontrakannya. Petugas kemudian bergerak cepat ke lokasi untuk melakukan penangkapan,” ujarnya.

Saat tiba, polisi berhasil mengamankan pelaku. Saat ditangkap pelaku hanya pasrah dan digiring oleh polisi untuk diintrogasi.

Saat diintrogasi, Baha’ mengakui telah melakukan tindak pidana curnak di beberapa daerah Sulsel, sampai 17 kali. Setiap kali beroperasi, dia ditemani Tula dan Adi.

“Selain pelaku, kami juga mengamankan barang bukti berupa satu unit motor Honda Beat yang digunakan mengangkut daging sapi. Sebilah pisau panjang pemotong daging yang digunakan untuk menyembelih sapi di lokasi,” katanya.

Selanjutnya, pelaku dibawa untuk pengembangan dan penunjukan beberapa TKP. Namun sesampainya di TKP, dia melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri. Petugas kemudian memberikan tembakan peringatan ke udara sebanyak tiga kali. Namun tidak diindahkan dan pelaku terus berusaha melarikan diri.

“Maka dilakukan tindakan tegas dengan menembak ke arah kaki pelaku untuk melumpuhkan,” katanya.

Pelaku kemudian dibawa ke RSUD Salewangang Maros untuk mendapatkan penanganan medis. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru