oleh

Maros Half Marathon Padukan Olahraga dan Wisata

MAROS – Memeriahkan hari lahir ke-60 Kabupaten Maros, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Maros bersama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Maros akan menggelar lomba lari 21 kilometer “Maros Half Marathon 2019”.

Konferensi pers Maros Half Marathon 2019.

Tahun ini, dikembangkan konsep wisata olahraga melalui kerjasama dengan komunitas lari Maros Runners dan Race Organizer.

Kadisbudpar Maros, M Ferdiansyah mengatakan, selain kategori 21K, pihaknya juga menambahkan kategori lari lebih pendek, yakni 10K dan 5K.

“Lomba lari ini sudah yang kedua kalinya diadakan Pemkab Maros untuk memriahkan HUT Maros. Setelah tahun lalu ada Maros 10K. Tahun konsepnya memadukan olahraga dengan pariwisata” ujarnya dalam konferensi pers di Kafe Kulo Maros, Rabu (27/2/2019).

Menurutnya, saat ini konsep wisata di Indonesia telah bergeser dengan tidak hanya travelling, tapi juga melibatkan unsur olahraga di dalam wisata. Beberapa kota besar di Indonesia menjadikan wisata olahraga sebagai bagian dari meningkatkan destinasi wisata.

“Kota wisata seperti Bali, Bandung, Jogja, bahkan Jakarta menjadikan agenda wisata olahraga sebagai salah satu potensi mendatangkan wisatawan,” jelasnya.

Ketua Panitia Maros Half Marathon (MHM) 2019, Chaidir Syam mengatakan, dalam ajang lari bertaraf nasional ini menyajikan pengalaman berlari yang berbeda dari deretan marathon Indonesia.

Selain memperkenalkan keindahan alam Maros melalui rute yang dilalui peserta, seperti gugusan karst yang membentang di alam Maros, peserta juga akan melalui area persawahan hijau yang memanjakan mata pelari.

“Kami menawarkan konsep perpaduan persawahan hijau, gugusan karst, serta kearifan lokal Maros, seperti keramahan dan antusiasme warga kepada pelari nantinya,” ungkapnya.

Sementara itu, Race Director MHM 2019, Safar Sadol menyampaikan, titik start dan finish akan digelar di objek wisata air terjun Bantimurung, sekitar 42 kilometer dari Kota Makassar.

“Tahun lalu, kita sudah memfokuskan titik start dan finish di Maros kota. Sehingga tahun ini kita mau menggiring langsung mandi mandi air segar Bantimurung. Tahun ini panitia MHM 2019 menargetkan peserta sekitar 2.500 pelari,” jelasnya.

Maros Half Marathon akan berlangsung pada 14 Juli. Pendaftaran dibuka 1 Maret secara daring melalui situsweb www.maroshalfmarathon.id. Masa pendaftaran awal berlaku pada 1-30 Maret, di masa ini peserta dapat memanfaatkan diskon slot sebesar 20 persen. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru