oleh

Wah! Ada 10 Ton Sampah di Kawasan Hutan Karaenta Maros

-BERITA, RAGAM-230 views

Sekitar 10 ton sampah berhasil dikumpulkan dari kawasan wisata alam Bantimurung Maros dan sepanjang jalan poros di sekitar kawasan hutan Karaenta Maros, Senin kemarin.

Aksi bersih sampah di kawasan hutan Karaenta Maros.

Sampah-sampah itu terkumpul dalam aksi bersih memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Kegiatan ini diikuti sekitar 300 orang peserta dari berbagai komunitas, mahasiswa, kader konservasi, TNI-Polri, perbankan, Pemkab Maros melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Maros, Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Maros, pemerintah pemerintah kecamatan dan desa setempat, juga masyarakat sekitar lokasi.

Kepala Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul) Maros, Yusak Mangetan mengatakan, dalam dalam memperingati HPSN ini pihaknya menggelar kegiatan bersih sampah dengan luas lokasi pengumpulan sampah sekitar 13 hektare.

“Dari kawasan wisata alam Bantimurung sampah-sampah didominasi sampah plastik, sedangkan dari sekitar kawasan hutan Karaenta jenis sampah lebih kompleks. Ada sampah rumah tangga, sampah organik, seperti sisa batok kelapa muda. Bahkan juga ditemukan sampah medik pada salah satu spot pengumpulan sampah,” jelasnya.

Sampah yang dikumpulkan itu selanjutnya diangkut dengan menggunakan truk sampah DLHD Maros menuju tempat pembuangan akhir sampah.

Untuk diketahui, Hari Peduli Sampah Nasional merupakan gerakan yang dicanangkan sejak tahun 2006, tepat pada 21 Februari. Tahun ini Balai TN Babul Maros memperingatinya dengan melakukan aksi bersih sampah dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru