oleh

Disbudpar Maros Akan Tata Kawasan Wisata Karts Rammang Rammang

-BERITA, WISATA-372 views

Pemkab Maros melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) akan menata dan mengembangkan kawasan wisata karts Rammang Rammang sebagai destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan.

Kawasan karts Rammang Rammang di Salenrang Bontoa Maros.

Untuk tahap awal, Disbudpar Maros akan mengucurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 untuk membangun jalan setapak sepanjang 600 meter di kawasan wisata yang terletak di Desa Salenrang Kecamatan Bontoa itu.

Kepala Disbudpar Maros, Muh Ferdiansyah mengatakan, pihaknya akan terus berbenah meningkatkan minat wisatawan lokal maupun asing untuk datang ke Maros.

“Rammang Rammang akan dijadikan lokasi wisata yang lebih nyaman dan aman,” ujarnya, kepada wartawan. Jumat (8/3/2019).

Selanjutnya, untuk memaksimalkan pembangunan dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada bidang pariwisata, Disbudpar Maros akan menarik retribusi jasa pariwisata.

Penerapan retribusi di Rammang Rammang tersebut berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Maros Nomor 33 Tahun 2015 Tentang Perubahan Tarif Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga.

Selama ini, Pemkab Maros belum menarik retribusi dari Rammang Rammang, padahal sudah ada aturan tentang penarikan retribusi tersebut.

Penerapan retribusi tersebut telah dibahas oleh Wakil Bupati Maros, Harmil Mattotorang bersama Disbudpar Maros, camat, kepala desa dan lurah terkait, serta kelompok kerja (Pokja) Rammang Rammang.

Meski akan ditarik retribusi jasa pariwisata, namun pengelolaan Rammang Rammang akan tetap melibatkan warga melalui kelompok sadar wisata. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru