oleh

Bawaslu Maros Awasi Gerak Caleg Jelang Pemungutan Suara

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maros menggelar pertemuan fasilitasi dan koordinasi dengan mitra kerja di The Clove Maros, Rabu (10/4/2019).

Pertemuan koordinasi mitra kerja Bawaslu Maros.

Dalam pertemuan yang dihadiri pihak Polres Maros, KPU Maros, Satpol PP Maros dan jurnalis tersebut, Bawaslu Maros memaparkan sejumlah persiapan menuju Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Pertemuan ini dipimpin oleh Ketua Bawaslu Maros, Sufirman, Ketua KPU, Syamsu Rizal, Kabag Ops Polres Maros, Kompol Muh Jufri.

Sufirman mengaku mengundang pihak Polres Maros, KPU Maros dan para jurnalis, supaya bersama-sama mengawal Pemilu damai. Apalagi, berbagai isu mulai mencuat dan meresahkan.

“Kami minta supaya teman-teman, khususnya wartawan supaya membantu kami dalam menyukseskan Pemilu. Wartawan menjadi salah satu penentu, suksesnya Pemilu,” ujarnya.

Dia menyampaikan, saat masa tenang jelang Pemilu, petugas pengawas Pemilu di tingkat kecamatan (Panwascam) akan melakukan patroli rutin di wilayah kerjanya masing-masing.

Patroli digencarkan 14-16 April. Petugas mengintai dan mengawasi adanya gerakan oknum caleg yang bagi-bagi uang jelang pemungutan suara.

“Jelang pemungutan suara, pengawas di lapangan akan keliling di deerahnya masing-masing. Itu dilakukan untuk memastikan tidak adanya kecurangan atau kampanye uang. Bahkan bukan hanya Panwascam, namun petugas Bawaslu sampai tingkat desa dan kelurahan bahkan TPS akan patroli memantau,” jelasnya.

Disampaikannya, saat ini Bawaslu Maros berusaha untuk mencegah adanya mobilisasi massa, termasuk ASN, perangkat desa dan kelurahan oleh oknum tertentu.

Pendamping Keluarga Harapan (PKH) dari Kementrian Sosial (Kemensos) juga rawan dimanfaatkan oleh oknum, saat menyalurkan bantuan. PKH diarahkan menyampaikan kepada penerima bantuan supaya memilih calon tertentu.

Bawaslu Maros telah mendapat informasi tersebut, hanya saja belum mendapat cukup bukti.

Selain hal tersebut, Bawaslu Maros juga akan melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) masa tenang Pemilu 2019. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru