oleh

Dinsos Maros Siapkan Rumah Singgah untuk Caleg Stres

-BERITA, SOSIAL-286 views

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Maros menyiapkan rumah penampungan trauma center atau rumah singgah untuk calon legislatif (caleg) yang stes karena gagal pada Pemilu 2019.

Rumah Penampungan Trauma Center atau rumah singgah Dinsos Maros.

Dari 413 caleg yang bertarung dalam pemilihan legislatif, hanya 35 orang diantaranya yang akan lolos menjadi Anggota DPRD Maros. Sementara lebihnya, sebanyak 378 dipastikan gagal.

Rumah penampungan traum center tersebut menjadi tempat bagi caleg yang mengalami permasalahan mental atau stres, setelah 17 April mendatang.

Rumah singgah itu berada di Jalan Azalea Kelurahan Pettuadae Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. Lokasinya berada di sekitar eks terminal atau pasar malam.

Kepala Dinsos Maros, Kamaluddin Nur mengatakan, permasahan mental kemungkinan besar akan terjadi. Sebelum para caleg gagal stres berat, bisa langsung ditangani oleh tim yang disiapkan.

Pihaknya khawatir, ada sejumlah caleg gagal yang stres. Pasalnya, setiap ajang pemilihan, caleg gagal kerap mengalami gangguan kejiwaan.

“Dinsos Maros memikirkan caleg gagal yang stres. Kita sudah menyiapkan sarana dan prasarananya. Ada rumah singgah siap menampung,” ujarnya, Rabu (10/4/2019).

Selain sarana, Dinsos Maros juga berkerjasama dengan pekerja sosial yang sudah pengalaman. Para pekerja sosial akan menangani caleg gagal hingga pulih kembali.

Setiap caleg stres akan menjalani assesment sampai mereka pulih dari gangguan psikologisnya.

“Tapi kalau tingkat masalahnya cukup parah, kami akan rujuk ke rumah sakit khusus di Makassar,” tambahnya.

Meski begitu, dia berharap, caleg di Maros yang tidak lolos ke lembaga legislatif dapat menerima kekalahannya, sehingga tidak perlu ada yang stres. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru