oleh

Bawaslu Maros Perketat Pengawasan Saat Masa Tenang Pemilu

-BERITA, RAGAM-50 views

Bawaslu Kabupaten Maros memperketat pengawasan menjelang Pemilu 17 April 2019 mendatang, diantaranya dengan penertiban APK dan patroli pengawasan hingga ke tingkat desa dan kelurahan.

Pertemuan koordinasi mitra kerja Bawaslu Maros.

Ketua Bawaslu Maros, Sufirman mengatakan, jajaran pengawas Pemilu di tingkat kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan telah siap melakukan pengawasan pada masa tenang, saat pemungutan suara dan saat perhitungan suara.

“Pada masa tenang, dilakukan penertiban Alat Peraga Kampanye atau APK. Penertiban ini berkoordinasi dengan KPU dan Satpol PP,” ujarnya, Jumat (12/4/2019).

Selanjutnya pengawasan pendistribusian C6 atau surat pemberitahuan tempat dan waktu memilih. Pendistribusian ini dilakukan oleh KPPS dan diawasi oleh petugas pengawasan di lapangan. Kemudian pengawasan pendistribusian logistik Pemilu, serta pengawasan pendirian TPS.

Khusus untuk pendirian TPS, salah satu syarat yang harus dipenuhi, yakni lokasi TPS mutlak berada di tempat yang netral, termasuk akses yang baik untuk disabilitas.

“Selain itu kita juga akan melakukan patroli pengawasan pada masa tenang, pada 14 April sampai hari H. Semua jajaran pengawas akan melakukan patroli pengawasan di tingkatan masing-masing,” jelasnya.

Bawaslu Maros telah melakukan pemetaan TPS rawan dan akan dirilis menjelang masa tenang. Dari hasil rilis tersebut pihaknya berharap semua bisa terlibat melakukan pengawalan terhadap kesuksesan Pemilu ini.

“Termasuk kami mengharapkan peran jurnalis dalam pengawasan pelanggaran Pemilu. Jika menemukan pelanggaran, silahkan sampaikan ke Bawalu Maros atau perangkat pengawasan yang ada di setiap tingkatan,” ungkapnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru