oleh

Dinsos Maros Latih 50 Taruna Siaga Bencana

Sebanyak 50 Taruna Siaga Bencana (Tagana) utusan Dinas Sosial (Dinsos) Maros mengkuti pelatihan peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pelatihan peningkatan kapasitas Tagana Maros.

Ke 50 Tagana tersebut berasal dari 14 kecamatan yang telah direkrut oleh Dinsos Maros. Mereka dilatih untuk penanggulangan bencana dan pra-bencana.

Kepala Dinsos Maros, Kamaluddin Nur mengatakan, anggota Tagana tersebut berasal dari kalangan pemuda, mahasiswa dan warga. Sebelum menjadi relawan siaga bencana, Tagana dibekali pemahaman penanganan bencana.

“Mereka mengikuti pelatihan peningkatan kemampuan SDM. Setelah materi kelas, dilanjutkan praktik penanganan bencana sesuai prosedur,” ujarnya, Jumat (12/4/2019).

Para Tagana tesebut dilatih oleh Dinsos Sulsel, Basarnas dan Tagana Sulsel serta tenaga ahli profesional. Mereka digembleng menanangi bencara secara cepat dan tepat, khususnya saat evakuasi korban bencana.

Setelah dilatih, Tagana tersebut akan kembali ke kecamatan masing-masing. Sehingga jika terjadi bencana, mereka langsung turun ke lokasi kejadian.

Selain evakuasi, Tagana juga bertugas menginformasikan kejadian bencana ke Dinas Sosial, sehingga penanggulangan bencana bisa ditangani secara cepat. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru