oleh

Puskeswan Maros Vaksinasi Hewan Ternak

-BERITA, RAGAM-100 views

Unit Pelaksana Teknik Daerah Pusat Kesehatan Hewan (UPTD Puskeswan) Dinas Pertanian Maros melakukan vaksinasi hewan ternak.

Puskeswan Maros saat vaksinasi tewan ternak di Soreang Lau Maros.

Sebanyak 35 ekor sapi di Lingkungan Macoa Kelurahan Soreang Kecamatan Lau mendapat pelayanan kesehatan secara gratis, pada Senin kemarin.

Kepala UPTD Puskeswan Maros, dr Ujistiani Abidin mengatakan, saat ini pihaknya melakukan vaksinasi dan pemberian vitamin untuk hewan ternak.

“Kami melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan hewan, dengan cara pelayanan aktif, yakni mendatangi kandang hewan. Kegiatannya vaksinasi anthraks dan rabies serta pemberian vitamin,” ujarnya, Selasa (23/4/2019).

Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun dan menyisir 14 kecamatan. Sebelum melakukan vaksinasi, pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah setempat mnelalui penyuluh. Pasalnya tidak semua warga menyetujui pelaksanaan vaksin ini.

Untuk pelaksanaan vaksinasi, UPTD Puskeswan Maros menurunkan personil dari medik veteriner atau dokter hewan dan beberapa paramedis dan vaksinator.

Sementara itu, Tenaga Harian Lepas (THL) Medik Veteriner, dr Nana Junita menambahkan, kegiatan vaksinasi ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan di bulan April. Untuk kegiatan vaksinasi massal dikoordinasikan dengan pemerintah setempat dan masyarakat.

“Namun tugas kami yang lain setiap hari menerima pasien, baik pelayanan aktif berupa visit ke kandang atau pun pelayanan pemeriksaan hewan di Puskeswan dan pelayanan pemeriksaan laboratorium,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, Puskeswan Maros bekerja sesuai motto ‘Hewan sehat kita sehat. Mensejahterakan manusia lewat kesehatan hewan. Kesehatan Hewan untuk kesehatan manusia. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru