oleh

Polisi Tembak Residivis Pencurian di Maros

Personel Jatanras Polres Maros menangkap dua pencuri di Lingkungan Marusu Kelurahan Pallantikang Kecamatan Maros Baru, pada Rabu 24 April dini hari.

Ilustrasi pelaku kriminal ditangkap.

Personel Polres Maros dipimpin Kanit Jatanras Polres, Aiptu Jusman Mattu, dibantu Tim Khusus Polda Sulsel menangkap dua pelaku pencurian disertai kekerasan, yakni Ha (23 tahun) dan MA (16 tahun). Keduanya sering beroperasi di Maros.

Ha merupakan warga Lingkungan Marusu Kelurahan Pallantikang dan Ma warga Desa Pabentengan Kecamatan Marusu.

Kasat Reskrim Polres Maros, Iptu Deni Eko mengatakan, kedua tersangka ditangkap berdasarkan laporan warga. Setelah menerima laporan, Jatanras Polres Maros berkordinasi dengan Tim Khusus Polda Sulsel untuk bersama-sama melakukan penyelidikan.

Polisi kemudian mendapatkan informasi, bahwa tersangka sedang berada di rumahnya. Tim gabungan pun bergerak menuju ke lokasi. Polisi berhasil mengamankan Ha di rumahnya.

“Selanjutnya dilakukan pengembangan terhadap rekan tersangka yang lain. Tim gabungan kemudian bergerak ke rumah MA dan mengamankannya,” ujarnya, Jumat (26/4/2019).

Saat ditangkap, kedua pelaku berusaha melarikan diri. Namun berhasil dicegat oleh polisi. Upayanya untuk melawan, gagal.

“Saat dilakukan pencarian barang bukti, tersangka Ha berusaha melarikan diri. Makanya anggota memberikan tembakan peringatan ke udara,” katanya.

Tembakan udara tersebut tidak diindahkan pelaku. Polisi kemudian melepaskan tembakan tegas terukur kepada tersangka. Peluru bersarang di betis kanan sebanyak satu buah dan betis kiri sebanyak satu kali tembakan.

“Selanjutnya tersangka dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Makassar untuk dilakukan pengobatan,” ujarnya.

Adapun barang bukti yang diamankan, yakni ponsel android milik korban, sebilah badik yang digunakan untuk mengancam korban. Motor Yamaha Mio J warna htam merah yamg digunakan pelaku.

“Tersangka merupakan residivis. Sebelumnya dia pernah diamankan di Polsek Turikale. Dia pernah mencuri motor dan telah ditahan di Lapas,” katanya.

Saat menjalankan aksinya di Maros, pelaku mengintai calon korban terlebih dahulu. Jika korban lengah, pelaku mendekat dan merampas ponsel korban. Setelah itu, pelaku melarikan diri. Keduanya bergantian jadi joki motor dan eksekutor.

Tersangka dan barang bukti diamankan di Polres Maros untuk proses lebih lanjut. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru