oleh

Baznas Maros Tetapkan Jumlah Rupiah Zakat Fitrah

Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Maros telah melakukan rapat penentuan jumlah zakat fitrah yang akan dikeluarkan masyarakat jika berupa uang.

Baznas Maros
Baznas Maros saat menyerahkan santunan penerima zakat.

Ketua Baznas Maros, Andi Said Patombongi mengatakan, tahun ini Baznas Maros menetapkan biaya zakat fitrah berupa uang dengan besaran rupiah bervariasi, yakni tiga kategori.

Adapun kategori tersebut, yakni untuk beras premium atau beras kelas 1, besaran zakatnya Rp40.000 per orang. Beras tengah atau beras kelas 2, besaran zakatnya Rp32.000 per orang. Beras rendah atau beras kelas 3, besaran zakatnya Rp28.000 per orang.

Mantan Anggota DPRD Maros ini juga mengatakan, untuk menetapkan besaran harga rupiah tersebut, pihaknya menggandeng Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Kopumdag) Maros sebagai instansi yang mengetahui harga beras di pasaran.

“Kita sudah membagikan kategori pembayaran zakat berupa uang, yang kami sesuaikan dengan harga beras di pasaran sesuai dengan beras yang dikonsumsi setiap hari,” ujarnya, Jumat (10/5/2019).

Dia menjelaskan, ketetapan besaran zakat berupa uang ini, tidak mengalami kenaikan harga atau sama seperti tahun lalu.

Sementara itu, untuk capaian zakat fitrah tahun ini, Baznas Maros menarget Rp10 miliar. Jumlah ini mengalami kenaikan bila dibanding tahun lalu, yang mencapai Rp8 miliar. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru