oleh

Kisah Tragis Buras Lebaran Hanguskan Rumah di Maros

-BERITA, PERISTIWA-4.964 views

Diduga gara-gara memasak buras, rumah panggung di Dusun Kampala Desa Bonto Matene Kecamatan Marusu Kabupaten Maros, kebakaran.

Kondisi rumah panggung usai kebakaran
Kondisi rumah panggung usai kebakaran.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, api berkobar saat pemilik rumah sedang memasak dan meninggalkan dapurnya, pada Senin kemarin.

Kepala Bidang (Kabid) Damkar, MJ Roem mengatakan, akibat kejadian tersebut, rumah panggung milik Dg Sawiang (32 tahun) rata dengan tanah. Untuk memadamkan api, pihaknya melakukan penyiraman dan pendinginan.

“Kami mengerahkan dua unit armada dengan jumlah personil 6 orang untuk memadamkan api,” ujarnya, Selasa (4/5/2019).

Sementara itu, Kapolsek Lau, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Nano mengatakan, dari keterangan korban, Sawiang, sesaat sebelum kejadian kebakaran, istrinya Ralia (30 tahun) sedang memasak di dapur.

“Dugaan sementara penyebab kebakaran berasal dari api kompor yang sedang menyala mengenai benda yang mudah terbakar dan berada di sekitar kompor,” ungkapnya.

Dia mengakui lokasi rumah korban yang berada di tengah persawahan sempat menyulitkan mobil Damkar.

“Sesaat sebelum kejadian kebakaran, Ralia memasak di dapur. Kenudian pergi ke bawah kolong rumah berbincang-bincang bersama Sawiang,” ujarnya.

Selang beberapa menit, Ralia kembali menuju dapur dengan maksud hendak mengecek masakan yang dimasaknya. Namun dia mendapati api sudah berkobar membakar sebagian sisi dapur. Sontak dia berteriak meminta tolong.

Mereka berdua pun berusaha memadamkan api serta meminta pertolongan warga sekitar.

Warga yang mendengar teriakan tersebut bergegas menuju TKP dan berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Sampai petugas damkar tiba.

Meski tak ada korban jiwa, namum dari kejadian tersebut korban ditaksir kerugian sekitar Rp200 juta. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru