oleh

Hatta Rahman dan Chaidir Syam Hadir di Peresmian Skadron Udara 33 Lanud Sultan Hasanuddin Mandai Maros

-BERITA, RAGAM-124 views

Bupati Maros, HM Hatta Rahman, Ketua DPRD Maros, H.A.S Chaidir Syam, serta pejabat TNI dan Kepolisian menghadiri peresmian Skadron Udara 33 di Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin Makassar yang berada di Kecamatan Mandai Kabupaten Maros, Jumat (14/6/2019).

Peresmian Skadron Udara 33 Lanud Sultan Hasanuddin di Mandai Maros
Peresmian Skadron Udara 33 Lanud Sultan Hasanuddin di Mandai Maros,

Skadron Udara 33 ini diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Yuyu Sutisna, melalui prosesi upacara.

Keberadaan Skadron Udara 33 melengkapi dua Skadron Udara yang sudah ada sebelumnya, yaitu Skadron Udara 5 dan Skadron Udara 11. Skadron Udara 5 dioperionalkan untuk pesawat intai, Skadron Udara 11 untuk pesawat tempur dan Skadron Udara 33 untuk pesawat angkutan berat.

“Pembentukan Skadron Udara 33 ini terintegrasi dengan kekuatan personil TNI yang ada di Makassar. Ini dilakukan untuk mendukung serta memaksimalkan pergerakan pasukan di wilayah timur Indonesia melalui udara,” ujarMarsekal TNI Yuyu Sutisna.

Selain untuk kepentingan militer, kehadiran Skadron Udara 33 ini juga bertujuan untuk melakukan kesiapsiagaan dalam melakukan penanggulangan jika terjadi bencana alam, sehingga pendistribusian bantuan bisa dilakukan dengan cepat.

Sebanyak 71 personil dan empat pesawat Hercules dioperasionalkan di Skadron Udara 33 ini. Keseluruhan jumlah personil dan pesawat tersebut merupakan pindahan dari Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta dan Lanud Abdulrachman Saleh di Malang.

Pemindahan ini dilakukan terkait upaya pemerataan kekuatan udara di seluruh wilayah Indonesia, baik di wilayah barat, tengah maupun di wilayah timur. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru