oleh

Bupati Maros Dampingi Mentan Salurkan Bantuan Korban Banjir Sulsel

Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman, melepas 47 truk bantuan untuk korban banjir di Sulawesi Selatan di Balai Penelitian Tanaman Serealia (Balitsereal) Maros, Sabtu (15/6/2019).

Penyaluran bantuan untuk korban banjir Sulsel
Penyaluran bantuan untuk korban banjir Sulsel.

Bantuan itu berupa benih bibit jagung, pupuk, alat pertanian dan sembako untuk korban banjir di beberapa daerah di Sulsel.

Bantuan ini merupakan kerjasama Kementerian Pertanian dengan beberapa perusahaan mitra kerja Kementan seperti Japfa, Pupuk Kaltim dan Bulog.

“Awalnya bantuan untuk bencana kita siapkan Rp7 miliar, tapi dengan adanya tambahan kuantitas bantuan dari sejumlah pihak, jadi estimasi bantuan yang disalurkan sebanyak Rp10 miliar,” ujarnya usai melepas bantuan.

Dia menyebut, sasaran utama bantuan ini khususnya kepada masyarakat yang lahan pertaniannya dihantam banjir, sehingga mengakibatkan puso atau gagal panen.

Menurutnya, lebih dari 15 ribu hektare areal persawahan terkena dampak banjir di beberapa kabupaten.

Pria kelahiran Kabupaten Bone itu menyebut, Sulsel merupakan salah satu penopang pangan untuk Indonesia, sehingga harus dijaga ketat, juga untuk memastikan tidak ada satupun masyarakat yang kelaparan.

“Beras kita melimpah, Bulog telah punya stok sebanyak 2,3 juta ton dan kita juga telah siap untuk melakukan ekspor ke Malaysia,” jelasnya.

Selain Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, beberapa bupati yang daerahnya terdampak banjir, juga hadir dalam pelepasan bantuan pangan dan pupuk di Balitsereal Maros ini.

Selain Bupati Maros, HM Hatta Rahman yang menjadi tuan rumah, juga hadir Bupati Pinrang, Irwan Hamid, Bupati Wajo, Amran Mahmud, Bupati Enrekang, Muslimin Bando, perwakilan Bupati Soppeng serta perwakilan dari Bupati Sidrap. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru