oleh

DPRD Maros Temukan Tiga Tambang Tidak Miliki Izin di Moncongloe

DPRD Maros akhirnya bereaksi atas keluhan masyarakat terkait tambang galian C yang beroperasi di Desa Moncongloe Bulu Kecamatan Moncongloe, Senin (8/7/2019).

DPRD Maros saat sidak lokasi tambang di Moncongloe
DPRD Maros saat sidak lokasi tambang di Moncongloe.

Komisi II DPRD Maros yang dipimpin Hasmin Badoa melakukan inspeksi mendadak (sidak) meninjau aktivitas tambang tanah timbun tersebut.

“Menurut laporan warga, ada beberapa tambang yang tidak berizin. Setelah kami cek langsung, kami temui ada 4 tambang yang tidak memiliki izin sama sekali,” ujar Ketua Komisi II DPRD Maros tersebut.

Dia menyampaikan, ada sepuluh tambang yang beroperasi, 4 diantaranya hanya memiliki izin eksplorasi dan hanya dua yang memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP).

“Empat pengusaha tambang yang hanya memiliki izin produksi ini kami anjurkan untuk mengurus perizinan untuk mendapatkan IUP,” ungkapnya.

Saat sidak tersebut, pihaknya menangkap basah tiga usaha tambang yang tetap melaksanakan aktivitas tambang meski tidak memiliki izin.

Dia pun menegaskan kepada penangungjawab tiga tambang yang tidak berizin tersebut, agar menghentikan sementara usaha tambangnya.

Jika tidak, akan dilakukan tindakan tegas, yakni menyegel alat berat tambang tersebut.

“Jadi saya sampaikan sama Abbas, penanggungjwab tiga tambang itu untuk menghentikan sementara aktivitasnya. Jika tetap beroperasi, besok kita akan koordinasikan dengan pihak Kepolisian untuk menutup tambang. Alat beratnya juga kita akan segel,” tegasnya.

Sidak ini dilakukan bersama Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulsel, Satpol PP Maros dan Dishub Maros.

“Kita juga sama Dishub, karena menyangkut lalu lintas angkutan tambang. Hasilnya segera kita akan koordinasikan dengan pihak Pemkab Maros,” jelasnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru