oleh

Monyet Hitam Karaenta Maros Mulai Malas Cari Makan di Hutan

-BERITA, SOSIAL-810 views

Jika sering melintas di jalan poros Camba di Kabupaten Maros, tentu sering melihat kawanan monyet hitam berkeliaran. Mereka terbiasa menampakkan diri di sepanjang jalan di kawasam hutan Karaenta Maros.

Monyet hitam
Monyet hitam macaca maura di hutan Karaenta Maros.

Monyet hitam ini, macaca maura, merupakan satwa khas Sulawesi Selatan, endemik Maros. Hanya ditemukan di pulau Sulawesi.

Kawanan monyet ini kini menjadi pemalas. Mereka tidak lagi mencari makanan sendiri di dalam hutan, melainkan memilih menunggu makanan dari pengendara yang melintas.

Seorang warga setempat, Mahmud mengatakan, setiap hari, mulai pagi hingga sore, kawanan macaca maura keluar dari hutan hanya untuk menunggu makanan di pinggir jalan.

“Meski terdapat larangan untuk memberi makanan terhadap kawanan monyet tersebut, tetap saja pengendara memberi makanan saat melintas. Hal ini membuat kawanan monyet menjadi malas mencari makanan sendiri di dalam hutan,” ujarnya, melalui media, Sabtu (19/7/2019).

Bahkan saking terbiasanya menunggu makanan di pinggir jalan, tak sedikit di antara kawanan monyet tersebut mati terlindas kendaraan yang melintas.

Dia berharap, pengendara yang melintas tidak lagi memberi makanan kepada monyet-menyet tersebut, agar mereka kembali ke hutan mencari makanan.

Menurutnya, kawanan Monyet hitam macaca maura tersebut terbagi dalam empat kelompok. Masing-masing kawanan kelompok berjumlah hingga puluhan.

Saat menunggu makanan dari pengendara, masing-masing kelompok monyet tersebut memiliki daerah tersendiri dan tidak berbaur dengan kelompok monyet lainnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru