oleh

Kisah Pagandeng Juku’ asal Maros Sisihkan Rp 15 Ribu Per Hari Demi Berangkat Haji

-BERITA, SOSIAL-300 views

Sebanyak 333 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Maros dilepas secara resmi di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Selasa (23/9/2019).

Jamaah Calon Haji
CJH Maros 2019, Hasani.

Pelepasan JCH ini dihadiri Bupati Maros, HM Hatta Rahman, beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maros lainnya.

Seorang JCH Maros yang turut hadir dalam acara tersebut, yakni Hasani (55 tahun). Dia merupakan warga Jalan Sabutung Tallo Makassar.

“Saya orang asli Maros, hanya tinggal di Makassar. Saya ke Makassar untuk kerja di sana,” ujarnya.

Hasani merupakan seorang JCH yang berangkat, setelah menunggu sekitar sepuluh tahun. Ayah enam anak ini mendaftar sebagai JCH sejak 2009 silam.

“Alhamdulillah, sangat bahagia, akhirnya bisa berangkat ke Tanah Suci Mekah tahun ini,” ucapnya.

Sehari-hari, dia berprofesi sebagai pagandeng juku‘ sebutan untuk penjual ikan keliling menggunakan sepeda. Dia membeli ikan di Pelabuhan Paotere Makassar, lalu dijual ke sejumlah kompleks yang ada di Makassar.

Setiap hari, uang hasil menjual ikan itulah yang disisihkan.

“Setiap hari saya sisihkan Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu perhari. Uang itulah yang saya kumpulkan untuk berangkat haji,” tuturnya.

Dia menambahkan, setiap lima bulan sekali, dia membawa uang tabungannya itu ke bank.

Butuh kesabaran, hingga namanya masuk dalam salah seorang JCH Maros yang berangkat tahun ini. Hasani bergabung di Kloter 34.

“Sejak mendaftar, saya memang yakin, InsyaAllah akan berangkat. Alhamdulillah, rezeki saya tahun ini bisa berangkat,” ucapnya.

Hasani beserta JCH Kloter 34 lainnya, bakal masuk Asrama Haji Sudiang Makassar pada 30 Juli mendatang. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru