oleh

Suraida Hatta Ingin Maros Jadi Kota Payet

Dekranasda Maros mengikuti pameran Kerajinan Nasional Daerah dan Produk Industri Kreatif Nusantara 2019 di Hotel Claro Makassar.

Dekranasda Maros
Dekranasda Maros pamerkan kerajinan unggulan daerah di Hotel Claro Makassar.keraj

Pameran tersebut dibuka Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dan diikuti 24 kabupaten dan kota di Sulsel.

Perwakilan Maros berada di hotel selama tiga hari, sejak Selasa 6 Agustus, sampai Kamis (8/8/2019). Berbagai produk unggulan kerajinan dari Kabupaten Maros ditampilkan pada pameran ini.

Produk tersebut yakni, kerajinan payet dan hiasan atau merchandise kupu-kupu khas Bantimurung.  Juga produk jamur krispy, roti Maros dan kue tradisional Baruasa.

Ketua Dekranasda Maros, Hj Suraida Hatta mengatakan, saat ini pihaknya sedang mendorong daerahnya menjadi Kota Payet. Alasannya, sejak dulu Maros terkenal dengan kerajinan payet atau hiasan manik.

“Dari dulu, manik-manik itu menjadi kerajinan Maros. Itu yang biasa ditambahkan pada jenis pakaian seperti kebaya,” ungkapnya.

Namun, hal ini perlu mendapat perhatian karena kerajinan ini bukan hanya sebagai aktifitas utama. Hanya untuk penghasilan tambahan atau pengisi waktu ibu-ibu rumah tangga.

Sementara untuk kerajinan lainnya, istri Bupati Maros, Hatta Rahman tersebut menyampaikan akan terus bekerjasama pelaku UKM dalam mengembangkan berbagai  produk unggulan .

“Kami juga akan terus berupaya untuk memediasi pengurusan Hak Kekayaan Intelektual atau Hak Cipta bagi masing-masing produk,” jelasnya.

Sementara, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah didampingi Ketua Dekranasda Sulsel, Liestiaty F Nurdin saat mengunjungi stand Maros sangat mengapresiasi hasil kerajinan yang ditampilkan Maros.

Menurutnya, kerajinan seperti Payet, kerajinan kupu-kupu dan produk lainnya ini bisa menjadi produk andalan.

Juga dapat bernilai ekonomi tinggi sehingga semakin memakmurkan masyarakat dan membantu perekonomian keluarga. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru