oleh

Kopumdag Maros dan Agen Elpiji Gelar Operasi Pasar

Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Kopumdag) Maros dan PT Pertamina menggelar operasi pasar Liquified Petroleum Gas (LPG) atau Elpiji tabung ukuran 3 kilogram.

Operasi Pasar gas elpiji 3 kg
Operasi Pasar gas elpiji 3 kg di Maros.

Operasi pasar ini dilakukan bersama agen penjualan Elpiji PT Deliama Emas Gasindo. Dalam tiga hari ini, operasi pasar dilakukan di beberapa kecamatan.

CEO PT Deliama Emas Gasindo, Asri H mengatakan, untuk hari keempat, kemarin, pihaknya melakukan operasi pasar di SPBU 74.905.88 Balluballu di Jalan poros Maros-Makassar Kelurahan Bontoa Kecamatan Mandai.

Selain itu, operasi pasar juga diagendakan di SPBU dekat Patung Kuda di Jalan AP Pettarani di Kelurahan Pettuadae Kecamatan Turikale.

“Kita sudah empat hari operasi pasar. Kami gencar untuk antisipasi kelangkaan gas elpiji 3 kg, tapi masih terjadi,” ujarnya, Senin (12/8/2019).

Dia melanjutkan, Pertamina juga mengagendakan melakukan operasi pasar di SPBU Bantimurung.

Agen tetap berlakukan harga normal berdasarkan aturan dari Pertamina, yakni Rp 15.500 per tabung. Warga diminta untuk membeli tabung di pangkalan atau SPBU.

Beberapa hari terakhir, Pertamina telah melakukan penambahan alokasi elpiji 100 persen, untuk setiap agen. Nantinya agen yang salurkan ke pangkalan. Kemudian pangkalan yang salurkan ke pengecer dan konsumen.

“Saat ini, ada enam agen di Maros. Semua aktif menyalurkan gas elpiji 3 kg. Untuk satu agen dijatah sekitar 560 tabung. Jadi semua, 2.800 per hari,” ujarnya.

Jumlah tersebut habis distribusikan ke pangkalan. Tabung disebar ke 14 kecamatan.

“Setiap kecamatan disuplai per hari. Cuma pangkalan yang digilir. Hal itu, supaya pendistribusian merata, dengan harga normal. Harga itulah yang diterima warga. Kalau ada penambahan, itu pengecer yang mainkan,” jelasnya.

Dua mengimbau kepada warga, supaya membeli elpiji di pangkalan dan SPBU terdekat. Sementara, warga yang menengah ke atas, diminta gunakan elpiji non subsudi.

Untuk hari pertama, operasi pasar dilakukan di Kecamatan Turikale, Maros Baru, Tanralili dan Mandai. Hari kedua di Kecamatan Bontoa, hari ketiga di Kecamatan Moncongloe. Hari keempat di Kecamatan Lau, Mandai, Turikale dan Bantimurung.

“Warga yang ingin mendapatkan tabung Silahkan bawa fotokopi KTP. Maksimal dua tabung satu orang,” katanya.

Sementara, Kepala Kopumdag Maros, Kamaluddin mengatakan, warga tidak perlu khawatir terkait kelangkaan gas elpiji 3 kg.

“Kami akan terus operasi pasar, sampai kondisi kelangkaan ini bisa teratasi,” ujarnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru