oleh

Kelurahan Soreang Maros Luncurkan Sistim Pelayanan Berbasis Elektronik

-BERITA, RAGAM-27 views

Pemerintah Kelurahan Soreang Kecamatan Lau Kabupaten Maros menerapkan sistim informasi dan pelayanan berbasis elektronik.

Pelayanan berbasis elektronik
Peluncuran pelayanan berbasis elektronik di Kelurahan Soreang Maros.

Hal itu ditandai dengan acara launching atau peluncuran program ‘Si Pintar Kelurahan Soreang’ yang dilakukan di aula kantor Kelurahan Soreang, Kamis (15/8/2019).

Program ini diluncurkan oleh Lurah Soreang, Andi Arham Rizkiawan, yang dihadiri Camat Lau, Andi Rais Noval, para kepala UPT dan lurah se Kecamatan Lau.

Juga kepala sekolah, tokoh masyarakat, tokoh agama, pengurus Karang Taruna, kader PKK dan penyuluh se Kelurahan Soreang.

“Ini merupakan inovasi dalam pelayanan dengan memanfaatkan teknologi digital. Melalui aplikasi ini, masyarakat tak perlu bolak-balik ke kantor kelurahan untuk mengurus surat keterangan ataupun surat lainnya” ujar Andi Arham Rizkiawan.

Dijelaskannya, pelayanan berbasis berbasis elektronik ini dapat diakses melalui website atau situsweb dan dapat dilakukan melalui handphone berbasis android.

Selain aplikasi pelayanan, dalam tampilan situsweb disajikan profil dan data kelurahan. Hal ini untuk memudahkan dalam mengetahui hal-hal terkait Kelurahan Soreang, misalnya kondisi wilayah, kependudukan dan lainnya.

Untuk pelayanan, masyarakat hanya mengisi formulir online yang tersedia, kemudian melengkapi dokumen persyaratan yang dikirim ke nomor whatsapp admin kelurahan. Saat admin menerima permintaan pembuatan surat keterangan, maka surat tersebut segera diproses.

“Saat surat selesai, admin akan menyampaikan ke masyarakat untuk datang ke kantor kelurahan mengambil suratnya,” tambahnya.

Sementara, Andi Rais Noval mengapresiasi diluncurkannya pelayanan berbasis elektronik ini. Dia berharap program inovasi Si Pintar Kelurahan Soreang dapat dikembangkan.

Menurutnya, model pelayanan seperti ini dapat disebut sebagai layanan yang mengikuti perkembangan zaman.

“Diharapkan dengan layanan berbasis teknologi ini dapat lebih memudahkan masyarakat. Juga meningkatkan pelayanan aparatur kelurahan,” ungkapnya.

Inovasi pelayanan ini baru dilakukan oleh Kelurahan Soreang, bukan hanya di lingkup Kecamatan Lau tetapi juga di Kabupaten Maros. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru