oleh

Bendera Besar Terbentang di Batu Perahu Biseang Labboro Maros

-BERITA, RAGAM-28 views

Sejumlah kelompok pencinta alam merayakan dan mengelar upacara HUT ke-74 RI di Pattunuang Simbang Maros, kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Sabtu kemarin.

HUT ke-47 RI
Kelompok pencinta alam Rayakan HUT ke-74 RI di Biseang Labboro Maros.

Perayaan dirangkaikan dengan pembentangan Bendera Merah Putih berukuran besar di situs Biseang Labboro (Bislap).

Ketua panitia, Agus Harianto mengatakan, komunitas pencinta alam antusias untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI.

“Kami mengambil bagian pada perayaan HUT RI. Teman-teman sangat antusias mengikuti kegitan ini,” katanya, Ahad (18/8/2019).

Tahun ini merupakan kali kedua Organisasi Pecinta Alam (OPA) Sakada menjadi penanggungjawab pengibaran bendera berukuran 20 x 8 meter tersebut.

Sebelumnya, kegiatan serupa dilakukan OPA Ogan. Selama tujuh kali menggelar pembentangan bendera raksasa perayaan HUT RI. Mulai tahun 2009 sampai 2016.

Pengibaran perdana di puncak Gunung Bulusaraung pada 2010 hingga 2015. Selanjutnya dilaksanakan oleh Madinra. Pengalihan amanah pengibaran bendera selanjutnya ke OPA Sakada pada tahun 2016.

“OPA Sakada mengibarkan bendera pertama kali di area air terjun Pumbunga Bonto Manurung Tompobulu. Kemudian pelaksanaan kedua di Bislap ini,” ujarnya.

Kegiatan ini digelar atas panggilan jiwa sebagai wujud nasionalisme para pecinta alam.

Pelaksanaan kali ini, sengaja memilih lokasi di Bislab untuk memperkenalkan Bislab sebagai destinasi wisata alam di Kabupaten Maros.

“Bislab adalah gugusan batu yang menyerupai bentuk perahu. Terletak dalam lembah yang memiliki sejarah dam mitos,” jelasnya.

Rangkaian kegiatan ini, ada edukasi tentang pengendalian sampah plastik (ecobrick) yang dibawakan oleh pihak TN Babul.

Pemutaran film dokumenter objek wisata di sekitar Maros. Juga beberapa permainan yang seru. Kegiatan ini turut dihadiri beberapa komunitas.

Selain dari pencinta alam, juga hadir komunitas Honda Antik Maros (HAM), Rhawa Shirink Community, Literasi dan Orange Bike Maros. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru