oleh

Siswa SMP di Maros Terkesan dengan Badik di Pameran Benda Pusaka

-BERITA, RAGAM-26 views

Puluhan siswa siswi SMP di Maros melakukan kunjungan ke pameran benda pusaka di Balla Lompoa Batubassi Jenetaesa Simbang Maros, Senin kemarin.

Pameran Benda Pusaka di Maros
Siswi SMPN 4 Maros mengamati koleksi badik di Pameran Benda Pusaka.

Pameran benda pusaka ini digelar oleh Museum Daerah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Maros, Lembaga Badik Celebes dan Lembaga Adat Batubassi Maros.

Pameran tersebut menyajikan berbagai jenis benda pusaka, mulai dari badik berbagai jenis, sele’, salokaa, parang dan jenis pusaka lainnya.

Pameran ini menjadi rangkaian kegiatan festival budaya dan adat ‘Accora Bulang ri Batubassi’ Maros.

“Alhamdulillah, antusias siswa terlihat sangat baik, bahkan kunjungan ini kita isi dengan dialog bersama tokoh adat Batubassi, siswa sisiwi ini banyak yang penasaran dengan jenis-jenis pusaka yang dipajang,” ujar petugas Museum Daerah Maros, Burhan Jaya, Selasa (17/9/2019).

Menurutnya, era saat ini para generasi muda harus diarahkan untuk ikut mencintai budaya, agar identitas diri tetap terjaga.

“Benda pusaka merupakan bagian dari kekayaan budaya kita, perlu untuk dijaga dengan baik, anak-anak kita harus bisa mencintai budaya sendiri, sebagai identitas diri,” jelasnya.

Dia mengajak pelajar agar berkujung ke Museum Daerah Maros, karena museum dibangun oleh pemerintah daerah sebagai wadah edukasi, pendidikan, penelitian dan rekreasi.

Sementara, seorang siswi SMPN 4 Maros, Dewi mengatakan jika dirinya sangat terkesan dengan pajangan bilah pusaka yang ada, aneka ragam motif membuatnya terkesimah.

“Saya sangat kagum dengan banyak motif yang ada di bilah pusaka yang dipajang, ini baru pertama kali saya melihat badik dalam jumlah banyak,” ujarnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru