oleh

Bakti Sosial Bosowa Bersama OneSight Lampaui Target Penerima Kacamata di Maros

Bakti sosial Bosowa Peduli bersama organisasi nirlaba Onesight yang membagi-bagikan kacamata untuk pelajar se Maros dan warga setempat beberapa waktu lalu mendapat respon positif.

Bosowa Maros
Pemeriksaan mata oleh tim Onesight dalam bakti sosial pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis di Maros.

Meski awalnya menargetkan hanya akan membagikan 1.000 kacamata secara gratis, rupanya Bosowa Peduli membagikan kacamata sebanyak 1.469 buah, dengan tingkat kebutuhan 90 persen, dari sekitar 1.600 peserta yang hadir.

Ini menunjukkan hampir semua peserta yang diundang memang memiliki permasalahan dengan penglihatannya.

Hal ini disampaikan Koordinator Pelaksana Kegiatan, Mukhsin Alwy, setelah mendapatkan hasil rekapan data dari pihak Onesight.

Berdasarkan informasi tersebut, Bosowa Peduli memberikan bantuan kacamata langsung di lokasi acara sebanyak 1.469, masing-masing memperoleh dua kacamata termasuk kacamata hitam, untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet.

“Pada bakti sosial ini, kami melakukan pemeriksaan mata dan memberikan kacamata langsung bagi mereka yang mengalami kelainan refraksi serta kacamata hitam untuk perlindungan sinar UV,” ujarnya, melalui keterangan tertulis, Selasa (29/10/2019).

Seperti diketahui, Bosowa Peduli, Onesight dan Perdami Sulsel melakukan bakti sosial (Baksos) kolaborasi selama lima hari, Senin ssampai Juma, 21 sampai 25 Oktober lalu, yang diselenggarakan di Kabupaten Maros.

Baksos ini melibatkan 25 relawan asing dan setidaknya 15 dokter Ahli Mata Sulsel. Serta sebanyak 30 relawan dari Bosowa Peduli yang terdiri atas karyawan Bosowa dan mahasiswa Universitas Bosowa.

Manager Klinik Onesight , Jennifer Harnett, mengatakan selain menemukan pasien yang butuh kacamata, pada baksos ini juga ditemukan sebanyak 150 pasien yang perlu perawatan lanjutan oleh ophtamologist lokal.

Temuan ini oleh dokter Perdami Sulsel, telah diberikan rujukan untuk pemeriksaan lanjutan ke rumah sakit.

Dia mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang telah turut menyukseskan
kegiatan ini.

“Kami merasa sangat beruntung bisa bekerjasama dengan Bosowa Peduli dan memiliki partner dari tim lokal, khususnya Perdami yang menyediakan refractionist, residen Ophtamology dan Ophtamologist ayau Dokter Ahli Mata untuk kegiatan ini. Saya harap proyek ini akan berdampak positif bagi semua yang terlibat dan kami berterima kasih kepada masyarakat Maros dan Bapak Bupati Maros untuksambutannya selama kami berada di sini,” paparnya.

Koordinator tim dokter Perdami Sulsel, dr Ahmad Ashraf, Sp.M (K) mengkonfirmasi bahwa memang ada beberapa kasus mata selain kelainan refraksi saja yang ditemukan dalam baksos ini. Beberapa kasus mata tersebut perlu mendapatkan tindakan lebih lanjut dari dokter ahli mata.

“Tim kami telah memberikan rekomendasi bagi pasien tersebut untuk pemeriksaan lanjutan di rumah sakit,” ungkapnya.

Pihaknya senang dapat terlibat di kegiatan ini, dan banyak pengalaman baru yang didapatkan bekerja bersama Bosowa Peduli dan relawan asing dari Onesight.

Kegiatan ini terselenggara berkat dukungan dari Essilor Vision Foundation yang menyumbangkan semua kacamata, serta sponsor dari Bank Bukopin, Bosowa Semen Bosowa Berlian Motor, Gowa Kencana Motor, Grab Indonesia, dan Ethica Partner.

Sementara itu, salah seorang relawan dari Onesight, Kristin Reed, O.D, yang merupakan seorang ahli di bidang optometri dari Amerika Serikat mengaku beruntung bisa memiliki partner dari tim lokal seperti Bosowa Peduli dan Perdami Sulsel yang telah menyediakan Refractionist, residen Ophtamology dan Ophtamologist untuk kegiatan ini.

“Saya harap proyek ini akan berdampak positif bagi semua yang terlibat dan kami berterima kasih kepada masyarakat Maros untuk sambutannya selama kami berada di sini,” ungkapnya saat acara farewell dinner bersama Panitia Bosowa Peduli di Kediaman CEO Bosowa Foundation, Melinda Aksa, pada Jumat 25 Oktober lalu. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru