oleh

Bawaslu Maros Dapat Rp 11,4 Miliar untuk Pengawasan Pilkada

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Maros akhirnya menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Bawaslu Maros
Penandatanganan-NPHD Pilkada antara Pemda Maros dengan Bawaslu Maros.

Penandatanganan dilaksanakan di ruang kerja Bupati Maros, Jumat (1/11/2019). NPHD ditandatangani oleh Bupati Maros, HM Hatta Rahman bersama Ketua Bawaslu Maros, Sufirman.

Hatta Rahman mengatakan penandatangan NPHD baru bisa dilaksanakan, setelah melalui tahap rasionalisasi.

“Setelah ada rasionalisasi, maka kita laksanakan NPHD. Harapan kita anggaran ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Bawaslu, agar Pilkada Maros berjalan lancar,” ujarnya.

Sementara, Sufirman menyampaikan, bahwa besaran anggaran yang disepakati sebesar Rp 11,4 miliar, untuk Pilkada Maros tahun depan.

Selain anggaran, juga ada sejumlah kesepakatan antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemda Maros dan Bawaslu Maros.

“Seperti pengadaan mobiler sekretariat Panwascam dan aula pelatihan yang akan difasilitasi oleh Pemda Maros. Termasuk satu unit mobil operasional untuk Tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu atau Gakkumdu,” ungkapnya.

Mobil operasional tersebut, akan digunakan oleh Gakkumdu selama tahapan Pilkada Maros 2020 mendatang.

Bawaslu Maros sebelumnya, mengusulkan anggaran sebesar Rp 15 miliar. Namun setelah dilaksanakan rasionalisasi, anggaran yang disepakati sebesar Rp 11,4 miliar.

Sementara itu, KPU Maros telah lebih dulu melakukan penandatanganan NPHD dengan Pemda Maros. KPU mendapat anggaran Rp 31,1 miliar untuk pengelenggaraan Pilkada Maros 2020.

Anggaran akan dikucurkan bertahap, tahun ini  dan tahun depan.

Untuk diketahui, Pilkada Maros digelar pada September 2020, seiring bakal berakhirnya masa jabatan Bupati Maros, HM Hatta Rahman dan Wakil Bupati Maros, HA Harmil Mattotorang pada tahun 2021 mendatang. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru