oleh

Ketua Baznas Maros Hadir di Konferensi Internasional World Zakat Forum

-BERITA, SOSIAL-118 views

Ketua Baznas Maros, Ustaz Said Patombongi hadir dalam konferensi internasional World Zakat Forum (WZF) 2019, yang digelar di Bandung, pada 5-7 Nopember lalu.

Baznas Maros
Ketua Baznas Maros, Ustaz Said Patombongi hadir dalam konferensi internasional WZF 2019.

Konferensi ini diikuti 300 peserta dari 28 negara dan dibuka oleh Wapres RI, KH Ma’ruf Amin.

Andi Said Patombongi, yang akrab disapa Ustaz Andis menyampaikan, dalam kesempatan tersebut, Kiai Ma’ruf Amin menyampaikan, bahwa zakat yang terkelola dengan baik akan bisa berdampak langsung kepada kesejahteraan masyarakat yang membutuhkan.

“Potensi zakat secara nasional disebutkan bisa mencapai Rp230 triliun. Namun, yang terserap baru sekitar 3,5 persen, dengab pengumpulan zakat nasional tumbuh 24 persen,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Kamis (7/11/2019).

Selain itu, WZF 2019 menghasilkan sejumlah keputusan penting untuk kemaslahatan umat melalui zakat. Tujuh resolusi yang dihasilkan konferensi fokus pada memanfaatkan kemajuan teknologi digital yang ada saat ini.

Zakat harus memberi perhatian tidak hanya pada bagaimana zakat dikumpulkan dan didistribusikan sebagaimana mustinya, tetapi juga bagaimana zakat dikelola secara profesional, efektif, efisien dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang bergerak cepat.

Disampaikan oleh Sekretaris Jenderal WZF, Bambang Sudibyo, bahwa gerakan zakat global harus memperhatikan peran teknologi digital dalam pengelolaan zakat, karena dunia muslim sangat luas, dari Afrika hingga Asia Tenggara yang mencakup enam benua.

WZF sebagai platform gerakan zakat internasional, memiliki peran untuk sinergi para pemangku kepentingan zakat global dalam meningkatkan kesejahteraan umat dan mengurangi kemiskinan.

“Semoga setelah mengikuti pertemuan internasional pengelola zakat, Baznas akan semakin maju dan profesional mengelola zakat,” ujar Ustaz Andis. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru