oleh

Baznas Maros Pelatihan Manajemen Tanggap Bencana

-BERITA, SOSIAL-107 views

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Maros menggelar pelatihan manajemen bencana tingkat dasar bagi relawan, Senin (2/12/2109).

Baznas Maros
Pelatihan manajemen bencana oleh Baznas Maros.

Ketua Baznas Maros, Andi Said Patombongi menjelaskan, relawan tersebut dikumpulkan dari organisasi keagamaan, seperti BKPRMI dan Bulan Sabit Merah (BSM).

Kegiatan ini diperlukan untuk mengantisipasi bencana yang terjadi. Apalagi Kabupaten Maros merupakan daerah yang sering terjadi bencana alam.

“Maros merupakan daerah rawan bencana. Relawan yang memiliki kemampuan dasar tanggap bencana sangat dibutuhkan di sini agar lebih siap menghadapi dan penanggulan bencana. Walaupun tim tanggap bencana bentukan Baznas ini bukanlah pemeran utama saat bencana terjadi, namun setidaknya mereka sudah berbekal ilmu untuk menjadi relawan saat terjadi bencana di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Dia menambahkan, nantinya Baznas Maros tak hanya sekedar berperan untuk menyalurkan bantuan. Tetapi ikut terjun langsung ke lapangan memberikan pertolongan kepada masyarakat yang daerahnya dilanda bencana, sehingga dapat mendorong semangat hidup masyarakat seperti sediakala.

“Baznas Maros Tanggap Bencana merupakan sebuah inovasi baru yang dilakukan Baznas dalam hal kebencanaan. Di Sulsel, baru Kabupaten Maros yang melakukan kegiatan ini,” ujar¬† mantan Anggota DPRD Kabupaten Maros dua periode itu.

Sementara itu, seorang peserta pelatihan, Ismail Assegaf menuturkan, dengan diadakannya pelatihan manajemen bencana tingkat dasar bagi relawan ini merupakan upaya positif dalam hal penanggulangan bencana. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru