oleh

Mahasiswa Lakukan Riset UMKM di Minasa Upa Bontoa Maros

Sejumlah mahasiswa melakukan riset dan penyuluhan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM di Desa Minasa Upa Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros.

Mahasiswa
Mahasiswa UTS Makassar saat melakukan pendataan UMKM di Desa Minasa Upa Bontoa Maros.

Kegiatan tersebut sebagai program kerja Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Teknologi Sulawesi (UTS) Makassar.

Seorang mahasiswa, Irfan Nur Alamsyah mengatakan, aktivitas kita sehari-hari tak lepas dari berbagai layanan dan barang UMKM.

Dimulai dengan aktivitas pagi hari ketika sarapan mencari kue-kue yang dijual UMKM, membeli kebutuhan pokok di warung dekat rumah, sampai menitipkan anak di playgroup terdekat yang juga adalah UMKM.

Di area pedesaan saat ini, banyak UMKM belum memiliki perizinan usaha. Padahal mereka tidak hanya memasarkan produknya di wilayah desa saja.

“Pelaku usaha dengan karakteristik tersebut juga ditemukan di Desa Minasa Upa Bontoa Maros,” ujarnya, Senin (2/12/2019)

Menurutnya masalah UMKM di wilayah pedesaan ada pada penjualan yang terbatas. Padahal UMKM memilik kontribusi yang besar bagi perekonomian masyarakat secara makro.

“Setelah melakukan observasi lansung, ditemukan bahwa hampir semua pelaku UMKM mengeluh pada pemasaran,” ungkapnya.

Karena itu mahasiswa KKN-PPM UTS Makassar melakukan riset untuk UMKM di Desa Minasa Upa. Para mahasiswa ini memberikan penyuluhan untuk membantu UMKM dalam proses pemasaran melalui digital marketing atau pemasaran secara online. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru