oleh

Indahnya Ribuan Kupu-kupu Beterbangan di Danau Kassi Kebo Bantimurung Maros

-BERITA, WISATA-537 views

Jika anda berkunjung ke Kabupaten Maros, tidak lengkap rasanya jika tak menikmati panorama alamnya.

Habitat kupu-kupu Bantimurung Maros
Habitat kupu-kupu di Danau Kassi Kebo Bantimurung Maros.

Di antara lokasi yang menarik dikunjungi, yakni Danau Kassi Kebo. Danau ini berada kawasan Taman Wisata Alam Bantimurung yang juga berada dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.

Secara administratif, danau tersebut masuk dalam wilayah Kelurahan Kalabbirang Kecamatan Bantimurung.

Untuk sampai ke danau tersebut, wisatawan harus berjalan kaki sekitar satu kilometer, dari area parkir Taman Alam Wisata Bantimurung. Danau ini berada di bagian atas air terjun.

Sepanjang perjalanan, wisatawan bakal menyaksikan keindahan dinding pegunungan karst, juga rimbunnya hutan dengan hawa sejuk.

Saat tiba di Danau Kassi Kebo, wisatawan bakal disambut dengan ribuan kupukupu beterbangan. Bukan hanya itu, wisatawan juga bakal dimanjakan dengan hijaunya air danau tersebut.

“Danau Kassi Kebo ini sangat indah, cukup bagus jadi spot foto bagi wisatawan,” kata pengunjung asal Jakarta, Anwar.

Dia memuji keindahan Danau Kassi Kebo Bantimurung Maros, yang menurutnya masih sangat natural. Ditambah lagi dengan air danau, dan aliran sungainya yang masih bersih.

“Danaunya cukup recomended lah, untuk dikunjungi jika berada di Maros,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Yusak Mangetan, mengatakan terdapat sekitar 247 spesies kupu-kupu yang mendiami kawasan ini.

Termasuk lima spesies kupu-kupu yang dilindungi, seperti spesies troides helena, troides haliphron, troides hypolitus, onglomaculatus, dan troides cethosia myrina.

“Ini menepis keraguan sejumlah pihak, kupukupu masih sangat banyak di Bantimurung. Seperti yang bisa kita saksikan di Danau Kassi Kebo ini,” ungkapnya, kepada wartawan, Sabtu (7/12/2019).

Dia menambahkan, kupukupu berwarna-warni tersebut bermunculan di Danau Kassi Kebo, utamanya pada masa peralihan musim. Antara musim kemarau ke musim hujan ataupun sebaliknya.

Di Danau Kassi Kebo juga dapat dijumpai ikon kupukupu Bantimurung, yakni jenis graphium androcles.

Spesies kupu-kupu yang jadi ikon Bantimurung Maros itu, terlihat memilki ekor yang panjang. Warnanya, terdiri atas kolaborasi warna hitam, kuning, dan hijau muda.

Maka tak salah jika kawasan ini disebut “The Kingdom of Butterfly”.

Sekadar diketahui, untuk masuk di dalam kawasan tersebut, wisatawan hanya perlu merogoh kocek Rp 25 ribu per orang.

Di kawasan wisata tersebut juga terdapat Hotel Bantimurung, yang bisa menjadi tempat menginap bagi wisatawan. Harga kamar di hotel tersebut, hanya dibanderol Rp 200 ribu sampai Rp 750 ribu.

Kawasan wisata tersebut terletak sekitar 43 km dari Kota Makassar. Dapat ditempuh sekitar satu jam lebih menggunakan roda dua atau empat. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru