oleh

Baznas Maros Distribusikan ZIS ke 2000 Penerima

Sekitar 1000 penerima manfaat pendistribusian Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Maros memadati Aula Masjid Al Markas Al Islami Maros, Kamis (26/12/2019).

Baznas Maros Distribusikan ZIS ke 2000 Penerima
Pendistribusian zakat, infaq dan sedekah (ZIS) dari Baznas Maros.

Ketua Baznas Maros, Andi Said Patombongi mengatakan, kegiatan ini merupakan pendistribusian akhir tahun. Penerima manfaat akhir tahun ini ada 2000 lebih.

“Tetapi yang kita serahkan secara simbolis ini hanya sekitar 1000-an saja. Sementara untuk daerah pelosok sudah kita bagikan langsung, seperti Mallawa, Camba dan Cenrana,” ujarnya.

Sementara, untuk penerima manfaat dari sisi bantuan pendidikan mulai dari anak Sekolah Dasar (SD) hingga mahasiswa Strata 2 (S2) ada 90 orang.

“Untuk anak SD menerima bantuan tas dan perlengkapan alat tulis dan uang saku. Sedangkan untuk beasiswa S1 beasiswa senilai Rp1 juta S2 Rp1,5 juta,” ungkapnya.

Selain itu pihaknya juga memberikan bantuan kepada imam masjid.

“Untuk imam masjid ada dua orang per desa dengan bantuan Rp500 ribu per tahun. Kedepan kita harapkan perolehan zakat kita meningkat sehingga kita bisa berikan per triwulan,” harapnya.

Selain itu pihaknya juga memberi bantuan kepada 10 masjid, bantuan untuk muallaf dan ada bantuan untuk kaum duafa yang nilainya bervariasi.

Saat ini, Baznas Maros berhasil mengumpulkan Rp3 miliar yang kemudian disalurkan ke penerima manfaat.

“Perolehan zakat kita Rp3 miliar tapi itu di luar zakat fitrah yang jumlah kita catat Rp8 miliar,” sebutnya.

Dia berharap kedepannya jika sudah ada dari sektor pertanian, perikanan dan peternakan perolehan zakat sudah bisa mencapai Rp50 miliar.

“Untuk saat ini perolehan zakat kita sumbernya masih dominan dari ASN yang dipotong langsung dari gajinya. Ada yang zakat dan infak,” jelasnya.

Diakuinya meski dominan dari ASN namun nilainya masih kecil. Sebab belum semua ASN berzakat. Bahkan dari 7000 baru 3000 an yang berzakat.

“Selebihnya masih ada yang infak. Kita berharap nantinya dengan adanya Perbup Maros bisa meningkatkan perolehan zakat kita dari ASN muslim, sehingga kita bisa leluasa membantu fakir miskin melalui perolehan zakat,” pungkasnya.

Pendistribusian ZIS dari Baznas Maros tersebut, dihadiri Wakil Bupati Maros, HA Harmil Mattotorang, Wakil DPRD Maros, A.S Chaidir Syam, serti pihak perbankan. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru