oleh

Penting Diketahui Warga Maros: Risiko Kesehatan Asap Kembang Api di Malam Tahun Baru

Malam tahun baru selalu identik dengan menyalakan kembang api. Namun perlu diketahui bahwa ada risiko di balik asap kembang api.

Kembang api
Kembang api perayaan malam tahun baru masehi.

Biasanya, sejak sore sebelum tahun berganti, sudah banyak yang mulai bermain kembang api. Suasana makin meriah saat makin malam, apalagi tepat di pergantian tahun di beberapa titik pusat keramaian kembang api akan banyak menyala.

Pembakaran kembang api secara besar-besaran saat malam tahun baru bisa menyebabkan polusi udara, sama seperti kendaraan bermotor. Kembang api akan mengeluarkan partikel-partikel halus yang jika terhirup dapat menyebabkan gangguan pernapasan.

Berikut ini adalah bahaya asap kembang api bagi kesehatan:

1. Gangguan pernapasan

Terhirup asap kembang api dapat menyebabkan Anda dan keluarga mengalami gangguan napas, seperti wheezing atau mengi, batuk, ataupun sesak napas.

2. Dapat memperparah kondisi penyakit kronis

Penderita penyakit jantung dan paru dapat semakin parah ketika menghirup asap kembang api.

3. Iritasi

Asap kembang api juga dapat menyebabkan iritasi pada mata, tenggorokan, dan hidung.

4. Mencetuskan sesak napas

Asap kembang api dapat memengaruhi produksi paru sehingga bisa mencetuskan serangan asma dan PPOK, bahkan hingga kematian.

5. Merusak kesehatan kulit

Kulit Anda bisa menjadi kusam, kering, dan bermasalah saat terpapar asap kembang api. Bila terlalu sering dan lama terpapar dapat pula memicu kanker. Demikian dilansir dari laman Klik Dokter, Selasa (31/12/2019).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru