oleh

Baznas Maros Sosialisasi Manfaat Zakat ke Penyuluh

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Maros menggelar sosialisasi bersama para Penyuluh Pertanian, Peternakan dan pihak Dinas Sosial Maros.

Baznas Maros Sosialisasi Manfaat Zakat ke Penyuluh Pertanian dan Peternakan
Sosialisasi manfaat zakat oleh Baznas Maros.

Ketua Baznas Kabupaten Maros, Said Pattombongi mengatakan, sosialisasi terkait program pemberdayaan zakat untuk duafa ini dilakukan pada Jumat 17 Januari lalu.

Program pemberdayaan zakat untuk duafa ini dinamakan Lumbung Padi, yakni upaya membantu petani kategori miskin agar pendapatannya bisa ditingkatkan lewat kelompok. Bantuan tersebut dapat berupa pendampingan dan sebagainya.

“Potensi zakat masyarakat Maros masih besar. Selama ini potensi zakat yang dihimpun secara rutin baru dari kalangan PNS. Karena itu, diharapkan potensi zakat dapat dihimpun dari sektor pertanian, perdagangan dan lainnya,” ujarnya, Selasa (21/1/2020).

Saat ini jumlah dana yang dihimpun Baznas Maros, akhir tahun 2019, yakni sebanyak Rp 3 milyar lebih. Dana tersebut disalurkan kepada warga penerima zakat atau musthaik. Selain disalurkan dalam bentuk dana, juga berupa bantuan pendidikan dan usaha.

Selain itu, saat ini Baznas Maros memiliki sejumlah program andalan, yakni Bidang Sosial yang meliputi Baznas Tanggap Bencana (BTB), Layanan Aktif Baznas (LAB), Rumah Sehat Baznas (RSB), Sekolah Cendikia Baznas (SCB) dan Lembaga Beasiswa Baznas (LBB).

Bidang Ekonomi, meliputi Zakat Community Development (ZCD), Lembaga Program Ekonomi Mustahik (LPEM) dan Baznas Microfinance (BMFI). Bidang Dakwah dan Advokasi yang meliputi Mualaf Center Baznas (MCB). (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru