oleh

Seleksi Calon PPK Maros Masuki Tahapan Wawancara

-BERITA, RAGAM-45 views

KPU Maros mulai melakukan tes wawancara calon Panitia Pemilihan kecamatan (PPK), Sabtu (8/2/2020). Tahapan tes wawancara ini berlangsung selama 5 hari, hingga Rabu 12 Februari.

KPU Maros
Komisioner KPU Maros saat tes wawancara calon PPK.

“Jumlah calon PPK yang ikut tes wawancara ada 140 orang. Masing-masing 10 orang per kecamatan,” ujar Komisioner KPU Maros Divisi Sosialisasi Parmas dan SDM, Syaharuddin Datu.

Untuk jadwal tes berlangsung lima hari, hari ini ada tiga kecamatan yakni Simbang, Moncongloe dan Turikale.

Minggu besok, Kecamatan Mandai, Marusu dan Tanralili. Senin, Kecamatan Maros Baru, Camba dan Bontoa. Selasa Kecamatan Tompobulu, Mallawa dan Lau. Untuk Rabu Kecamatan Bantimurung dan Cenrana.

Dari hasil wawancara akan keluar lima orang per kecamatan setelah hasil wawancara direkap dari masing-masing komisioner.

“Jadi sistem wawancara kita lakukan dengan metode panel. Lima komisioner melakukan wawancara pada satu calon secara bersamaan. Masing-masing membuat penilaian tersendiri, setelah itu baru kami rekap nilainya dan 5 teratas yang akan masuk jadi PPK sementara 5 lainnya menjadi cadangan,” jelasnya.

Pengumuman hasil seleksi wawancara akan dilakukan pada 15-21 Februari. Setelah itu ada proses penerimaan tanggapan masyarakat.

“Kita umumkan hasil wawancancara 15-21 Februari sambil kita membuka tanggapan masyarakat terkait nama-nama yang diumumkan. Kemudian dilakukan klarifikasi tanggapan masyarakat jika ada calon yang mendapat tanggapan, dilakukan pada 22-25 Februari. Pengumuman hasil akhir pasca klarifikasi akan kita lakukan pada 26-28 Februari,” tambahnya.

Rencananya pelantikan PPK akan dilakukan pada 29 Februari dan akan bekerja selama 9 bulan kedepan.

Seorang peserta yang mengikuti tes wawancara yang berasal dari Kecamatan Turikale, Alfian mengatakan jika dirinya tetap optimis bisa lulus meskipun tes wawancara yang ia jalani tadi cukup berat.

“Tes wawancara lumayan berat. Soal Undang Undang dan regulasi serta komitmen dan integritas yang diuji,” katanya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru