oleh

RSUD Salewangang Maros Tangani 1 PDP dan 3 ODP Coronavirus

-BERITA, RAGAM-530 views

RSUD Salewangang Maros saat ini sedang merawat pasien coronavirus dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP), pasien ini masuk siang kemarin.

Covid-19 di Maros
Ilustrasi penanganan pasien Covid-19.

Dirut RSUD Salewangang Maros, dr Fitri Adhicahya mengatakan, pasien datang memeriksakan dirinya setelah adanya keluhan batuk, demam dan sesak nafas.

“Pasien itu datang memeriksakan dirinya siang kemarin, karena adanya riwayat perjalanan keluar negeri, maka kami menetapkan status PDP dan saat ini sedang dirawat di ruang isolasi,” ujarnya, Selasa (24/3/2020).

Saat ini ada 2 orang dengan status PDP dan 3 orang dengan status Orang dalam Pemantauan (ODP). Namun satu orang PDP sudah dinyatakan sehat dan masih dirawat, sehingga tinggal satu pasien PDP.

“Saat ini ada 2 orang dengan status PDP dan 3 orang dengan status ODP, tapi satu orang PDP sudah sehat dan dinyatakan boleh pulang. Sehingga yang masih dirawat hanya satu,” jelasnya.

Dia menegaskan saat ini pihaknya masih terus melakukan pemeriksaan lanjutkan kepada pasien yang dirawat.

“Saat ini dokter masi terus melakukan pemeriksaan lanjutan kepada pasien,” tegasnya.

Untuk diketahui Orang dalam Pemantauan (ODP) yakni orang dengan gejala demam (>38c) atau ada riwayat demam atau ISPA tanpa Pneumonia dan memiliki riwayat perjalanan ke negara yang terjangkit Covid-19 pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala.

Sementara Pasian dalam Pengawasan (PDP) yakni orang yang mengalami gejala demam (>38c), ada riwayat demam, ISPA DAN Pneumonia ringan hingga berat serta memiliki riwayat perjalanan ke negara terjangkit atau kontak dengan orang terkonfirmasi pasitif Covid-19 dalam 14 hari terakhir. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Mestinya PDP atau ODP harus di rujuk ke rumah sakit yg menjadi rujukan covid 19, jangan sampai kejadian sama di grastelina. Pasien status PDP ditangani dan meninggal di sana. Hal ini sangat disesali knapa status PDP tdk lasung dirujuk saja ke RS yg telah di tunjuk ntuk penanganan kasus corona

Berita Terbaru