oleh

KPU Maros Lantik 309 Anggota PPS dengan Protokol Covid-19

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maros melantik 309 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), Senin (15/6/2020).

Pilkada Maros

Ke-309 anggota PPS dilantik tersebar di 103 desa dan kelurahan di Kabupaten Maros.

Anggota PPS yang dilantik sebanyak 3 orang per desa-kelurahan, yang nantinya akan bertugas sebagai penyelenggara pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di tingkatan desa dan kelurahan.

Pelaksanaan pelantikan pun dilakukan dengan standar protokol kesehatan dan dilaksanakan dengan melakukan pembagian menjadi 5 zona dan 5 komisioner bertanggung jawab terhadap 1 zona.

Setiap zona terdiri dari beberapa kecamatan dan para komisioner menghadiri pelantikan di zona masing-masing secara bergantian.

“Rencana awal sebelum pandemi Covid-19, kita akan lantik serentak di kabupaten, tapi karena ada wabah, maka sempat ditunda beberapa bulan,” ujar Komisioner KPU Maros, Syaharuddin.

Tahapan dilanjutkan sebab saat ini sudah ada PKPU tahapan Pilkada serentak 2020.

Standar protokol kesehatan dalam pelantikan ini, yakni mengatur jarak, melakukan pemeriksaan suhu tubuh, dan wajib menggunakan masker.

“Selain itu para PPS juga mengisi format surat pernyataan sehat khusus Covid-19 yang isinya, tentang riwayat penyakit, riwayat perjalanan, rapid test, swab dan beberapa pertanyaan lain soal Covid-19. Surat itu dibubuhi tandatangan diatas materai Rp 6.000 sebagai pertanggung jawaban,” jelasnya.

Dia berpesan kepada seluruh PPS yang dilantik agar bisa mengemban amanah, tetap berada pada koridor dan menjunjung tinggi integritas sebagai penyelenggara Pilkada. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru